Jayapura, (KT)– Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah-wilayah terpencil, termasuk Kota Tidore, Maluku Utara, meskipun dihadapkan pada tantangan cuaca ekstrem di perairan Indonesia Timur.
“Kami tetap berupaya maksimal untuk memastikan kebutuhan BBM masyarakat terpenuhi, meski tantangan geografis dan cuaca ekstrem di perairan Maluku Utara cukup besar,” ujar Edi Mangun, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku.
Kondisi geografis Kota Tidore yang hanya dapat dijangkau melalui jalur laut seringkali mempersulit distribusi, terutama saat musim hujan. Angin kencang dan gelombang tinggi menjadi kendala utama. Namun, Edi memastikan bahwa upaya maksimal telah dilakukan untuk memastikan distribusi BBM tetap lancar.
Penanganan Cepat untuk Kelancaran Penyaluran
Menurut Edi, pihaknya langsung mengambil langkah sigap saat terjadi kendala dalam penyaluran BBM. Salah satunya adalah dengan mencari jalur alternatif yang tetap menjamin keselamatan. Berkat koordinasi intensif, pengiriman BBM ke Tidore berhasil dilakukan, dan suplai BBM telah normal sejak 24 Desember 2024.
“Kami memastikan bahwa pengiriman berjalan lancar dan aman. Alhamdulillah, suplai BBM telah tiba sesuai jadwal di SPBU Kompak yang ada di Tidore,” tambah Edi.
SPBU Siaga Hingga Malam Hari
Dua SPBU Kompak di Kota Tidore, yakni SPBU Kompak 86.978.03 Tuguaji dan SPBU Kompak 86.978.05 Tuguiha, kini beroperasi hingga malam hari untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan optimal selama masa perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Fokus Koordinasi dan Himbaun kepada Masyarakat
Pertamina juga melakukan koordinasi intensif dengan Fuel Terminal Ternate dan instansi terkait lainnya guna memastikan distribusi BBM berjalan lancar. Edi menghimbau masyarakat untuk membeli BBM secara bijak dan tidak panik.
“Kami paham pentingnya BBM untuk kebutuhan masyarakat, apalagi saat perayaan hari besar seperti Natal dan Tahun Baru. Mari kita bersama-sama memastikan BBM dapat dinikmati oleh semua pihak secara adil,” imbuh Edi.
Layanan Keluhan Masyarakat
Untuk memastikan transparansi dan pelayanan optimal, masyarakat dapat melaporkan keluhan atau pelanggaran terkait distribusi BBM melalui Pertamina Call Center (PCC) 135.












