Pertamina MOR VIII Salurkan 1,1 Milyar Dana Kemitraan UKM

Kawattimur, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku Papua menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp1,1miliar kepada 25 orang pengusaha kecil menengah mitra binaan dari Kota dan Kabupaten Jayapura. Kemitraan ini diharapkan bisa menanamkan kemandirian para masyarakat.

Penyaluran pinjaman dana kemitraan ini secara simbolis diserahkan oleh Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VIII Eko Kristiawan kepada Perwakilan Mitra Binaan bersamaan dengan perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua di Hotel Fave Jayapura, Senin (05.03.2017).

Unit Manager Communication & CSR MOR VIII Eko Kristiawan mengatakan, sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina memiliki dua peranan besar. Pertama, meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara, dan yang kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, ujarnya.

Eko menambahkan, peran tanggung jawab sosial Pertamina dilaksanakan salah satunya melalui SME & SR (Small Medium Enterprise & Social Responsibility) Partnership Program atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), sebagaimana yang diatur dalam Permen-02/MBU/2017 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

“Setiap tahunnya Pertamina membantu usaha kecil dan menengah dalam bentuk program kemitraan sebagai bentuk peran serta Pertamina dalam membangun perekonomian yang berorientasi pada grass root economy. Dalam perjalanan pembinaan, mitra Pertamina diikutkan dalam Pameran dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas dan agar bisa bersaing. Selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kolektabilitas,”ujarnya.

Pada penyaluran kali ini Pertamina menyalurkan Rp 1,1 Milyar bantuan dana bergulir yang terdiri dari berbagai sektor. “Alhamdulillah pada penyaluran kali ini, 30% nya adalah yang mengajukan perpanjangan pinjaman ke 2-3 kali, ini tandanya pembinaan kita sudah lumayan bagus dan berkelanjutan” tukasnya.

Untuk Tahun 2017, Pertamina Marketing Operation Region VIII telah menyalurkan program kemitraan sejumlah Rp. 3 Milyar yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Salah satu pengusaha kecil menengah yang mengikuti Program Kemitraan Pertamina sejak beberapa tahun lalu mengatakan bahwa pembinaan pengusaha kecil dari Pertamina benar-benar ia rasakan manfaatnya. “Alhamdulillah saya sudah mengikuti program yang ketiga kalinya, dan bisnis saya maju pesat dibanding sebelumnya,” ujarnya

Pertamina berharap Program Kemitraan Pertamina ini dapat memberi kontribusi lebih besar lagi dalam pengembangan ekonomi dan meningkatkan kemandirian masyarakat. Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *