Pemda Lanny Jaya Minta, DPRD Baru Kawal Program Pembangunan

Tiom (KT) – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya meminta dan berharap kepada Anggota DPRD Kabupaten Lanny Jaya yang baru saja dilantik untuk dapat mengawal dan mengasai jalannya program pembangunan yang dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Yemis Kogoya, Senin (27/1/2020) usai pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lanny Jaya dalam rangka pemberhentian, peresmian, pengangkatan da pengambilan sumpah janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Periode 2019-2024 di Aula Nirimok Kabupaten Lanny Jaya.
Menurutnya, setelah dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Lanny Jaya Massa Periode 2019-2024, hendaknya DPRD dapat mengawasi langsung jalannya program pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Lanny Jaya.
Kata Yemis, DPRD Lanny Jaya adalah Mitra kerja dari Pemerintah, sehingga sangat baik jika DPRD Lanny Jaya dapat mengawal semua bentuk pembangunan di Kabupaten Lanny Jaya.
“Tentunya setelah dilantik ini, Kami pemerintah bersama DPRD Lanny Jaya akan mengawal pembangunan dan kemajuan Lanny Jaya,” ungkap Wakil Bupati Lanny Jaya.
Wakil Bupati juga berharap, DPRD Lanny Jaya yang baru dilantik dapat mengawasi jalannya program pemerintah terutama dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Lanny Jaya.
Menurutnya, selama ini dirinya bersama Bapak Bupati telah menjalankan program peningkatan Perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, dan itu adalah bagian dari Visi dan Misi bersama, dimana itu semua sudah berjalan.

Dirinya meminta agar DPRD Lanny Jaya yang baru dilantik dapat mengawal program yang sudah berjalan di 39 Distrik yang ada di Kabupaten Lanny Jaya.
Sementara itu, Ketua DPRD Sementara Kabupaten Lanny Jaya, Tadus Kogoya mengungkapkan, dirinya terpilih sebagai Ketua Sementara merupakan amanat partai Perindo pusat dan juga amanat masyarakat Lanny Jaya yang menjadi tanggungjawabnya untuk dilaksankan.
Diakui, dirinya belum bisa berbicara mengenai kelengkapan DPRD Lanny Jaya, namun untuk sementara DPRD Lanny Jaya beserta anggota akan melaksanakan Jadwal yang sudah ditetapkan Oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Lanny Jaya.
“Untuk pembentukan kelengkapan DPRD sendiri, itu sesuai jadwal protokoler DPRD, sehingga pembentukannya dalam waktu tidak terlalu lama,” ungkap Tadus.
Namun, dirinya berharap, pelantikan Ketua DPRD jangan terlalu lama dilaksankan seperti jadwal pelantikan Anggota DPRD terpilih yang terlambat hingga memakan satu bulan.
Menurutnya, hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, agar proses pengawasan yang menjadi tugas DPRD dapat segera dilakukan DPRD Kabupaten Lanny Jaya, artinya proses pengawalan jalannya program pembangunan yang dilakukan oleh eksekutif dapat terkontrol dengan baik.
“Harapan kami, karena pelantikan anggota molor sampai 1 bulan, jadi pelantikan ketua jangan seperti itu, paling tidak satu minggu kedepan,” kata Ketua DPRD Sementara.
Terkait aspirasi masyarakat yang belum terjawab pada periode sebelumnya, Ketua Sementara DPRD Lanny Jaya mengakui, akan melihat ulang kembali semua aspirasi yang disampaikan masyarakat dan nantinya bersama-sama anggota lainnya menentukan serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang selama ini belum terjawab.
Dijelaskan, semua ini dijalankan oleh DPRD Kabupaten Lanny Jaya sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD, diantaranya Fungsi Anggaran, Fungsi Pengawasan dan Fungsi Legislasi, dengan tujuan utama untuk membangun Kabupaten Lanny Jaya lebih maju lagi dan lebih baik lagi kedepannya.
Untuk jadwal DPRD selanjutnya, Sekretaris DPRD Kabupaten Lanny Jaya, Tendien Wenda mengungkapkan, DPRD yang sudah dilantik akan mengikuti orientasi di Jayapura selama 4 hari dan selanjutnya akan melengkapi alat kelengkapan Dewan.
Baik itu dari Fraksi, Komisi-komisi, badan legislasi dan badan kehormatan, kemudian selanjutnya akan menetapkan tata tertib dewan yang akan dilaksankan oleh Anggota DPRD Lanny Jaya selama lima tahun kedepan.
Diakui, penetapan tata tertib dewan bertujuan untuk memantau tingkat pelayanan anggota DPRD Kabupaten Lanny Jaya dari sisi kehadiran, keikutsertaan dalam rapat-rapat dan juga pelaksanaan sidang serta.
Diakui Tendien, dari 25 Anggota DPRD Lanny Jaya yang sudah dilantik, 18 diantaranya merupakan wajah baru yang duduk di Kursi Legislatif DPRD Lanny Jaya sedangkan untuk 7 orang lainnya merupakan wajah lama yang kembali dilantik.
Dan untuk unsur pimpinan ada dua orang dari wajah baru dan satu orang merupakan wajah lama.(NP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *