John Siffy Mirin : Otsus Solusi Untuk Papua

Legislator asal Papua, John Siffy Mirin

JAYAPURA (KT) – Legislator asal Papua, John Siffy Mirin menyebut Otonomi Khusus merupakan solusi tepat untuk kesejahteraan Rakyat Papua.

Anggota DPR RI ini mengatakan hadirnya Otsus, maka persoalan lokal yang menyangkut potensi dan kreativitas daerah di Papua, dapat terselesaikan dan di salurkan dengan tepat.

“landasan filosofis Otsus sudah sangat baik, hanya perlu dievaluasi agar tepat sasaran dengan pencapaian kesejahteraan bagi Orang Asli Papua (OAP),” kata John Jumat (07/08/20).

John mengatakan Otsus mampu meminimalisir kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua, bukan hanya menguntungkan segelintir pihak.

“Jadi tak hanya menguntungkan beberapa pihak saja harus merata sampai ke masyarakat kecil,” katanya

Sementara Tokoh Senior Papua, Frans Maniagasi menilai pandangan Otsus harus diubah, sehingga implementasinya dapat terlaksana dengan baik.

Ia menjelaskan, dengan dana Otsus yang mencapai Rp62 Triliun, seharusnya dapat mensejahterahkan rakyat Papua. Apalagi hampir 95% jabatan diduduki oleh putra daerah.

“Dana begitu besar di kucurkan, sementara sebagaian besar kepala daerah OAP, tapi Papua belum maju juga sampai sekarang. Ada apa? ayolah kita jujur,” tanya Frans Maniagasi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menjelaskan bahwa Prolegnas prioritas tahun 2020 terdapat 13 RUU yang menjadi tanggung jawab pemerintah untuk disiapkan naskah akademik dan dilanjutkan pembahasannya. Dari 13 RUU tersebut, salah satunya adalah RUU Otonomi Khusus Papua. (TA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *