Kelola Usaha Sejak 2007, Kini Miliki Mesin Pemeras Buah Merah Hasil Swadaya

  • Whatsapp
Staf Ahli Bupati Kabupten Jayawijaya, drh. I Made Putra, Saat Meresmikan Sekaligus Mendemonstrasikan Alat Peremas Buah Merah

Wamena (KT) – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gogonikme yang didirikan oleh Penihas Penggu, sejak tahun 2007 silam, terus berkembang dan mengalami peningkatan serta kemajuan hingga Tahun 2021.

Kemajuan yang dialami oleh kelompok Gopoktan Gogonikme ini terlihat jelas, dengan berhasilnya dibeli sebuah mesin Peremas buah meras secara Swadaya oleh Kelompok Gogonikme.

Read More

Mesin yang dibeli oleh Kelompok Gogonikme, diperoleh dari hasil usaha madu, Kopi dan juga buah merah selama ini, tanpa adanya bantuan dari donasi manapun, ataupun bantuan dari Pemerintah.

“Sejarah usaha ini dari 2007 saya kembangkan manual, uangnya saya simpan dan kemarin saya baru beli mesin ini 50 juta,” kata Penihas Penggu.

Sedangkan untuk dandang perebus Buah merah dan Ekstraktor, Penihas mengakui, dirinya dibantu oleh salah seorang pimpinannya yang berada di Jayapura.

Menurutnya, dengan alat mesin yang sudah dibelinya secara swadaya, usahanya semakin maju, karena semuanya sudah dikerjakan tidak menggunakan cara manual, melainkan menggunakan mesin yang menggunakan listrik.

“Kalau manual itu, kami setengah mati, karena harus beli kayu dan banyak terkuras tenaga, tetapi sekarang sudah ada mesin jadi kami terbantu,” kata Penihas.

Karena, untuk saat ini, sudah bisa merebus sebanyak 50 Buah Merah dalam sekali masak dan dalam satu kali meremas sari buah merahnya bisa menghasilkan 20 liter dalam sehari.

Untuk saat ini, kata Penihas, masalah permasaran yang menjadi kendala, namun hasil yang dikelolanya tetap dijual dan dikirim ke Jayapura, ke Kaimana, dan hasilnya sudah dikirim ke keluarganya di jawa.

Selain buah merah, dirinya juga mengembangkan potensi Madu, dan juga Kopi, dan semuanya dikelola oleh Gopoktan Gogonikme, yang tersebar di beberapa distrik yang ada di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Mewakili Bupati Kabupaten Jayawijaya, Staf Ahli Bupati, drh. I Made Putra memberikan apresiasi kepada Gopoktan Gogonikme yang telah berhasil secara swadaya membeli sebuah mesin pemeras buah merah dan juga berhasil mengembangkan usaha Kopi serta Madu.

Kata Staf Ahli Bupati, pada dasarnya pemerintah tetap memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok usaha yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, Gopoktan Gogonikme merupakan salah satu kelompok tani yang patut dicontohi, karena sejak belum memiliki apa-apa dan kerjanya menggunakan cara manual, kini telah berhasil secara swadaya mengembangkan usahanya dan berhasil memiliki mesin sendiri.

Kepada OPD terkati, staf Ahli meminta agar, terus memberikan perhatian dan pendampingan kepada Kelompok tani yang ada di Kabupaten Jayawijaya.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *