Sehari Dalam Seminggu, 2 Ton Sayur Dari Jayawijaya Masuk Pasar Timika

  • Whatsapp
Aktifitas Jual Beli Masyarakat di Pasar Potikelek Wamena Kabupaten Jayawijaya

Wamena (KT) – Satu hari dalam setiap satu minggu, 2 Ton sayur dari Kabupaten Jayawijaya akan dikirim untuk dijual di Pasar Timika.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerindag) Kabupaten Jayawijaya, Lukas Kosay, SE.M.Si menjelaskan, sayur-sayuran dan buah-buahan, dalam setiap satu minggu berjalan, akan dikirim sebanyak 2 Ton untuk dijual dipasar Timika Kabupaten Mimika.

Read More

“Ini sekali pengiriman dan itu dilakukan hari Jumat sesuai permintaan dari Suplayer kita yang ada di Timika,” ungkap Kepala Disnakerindag Kabupaten Jayawijaya.

Dari 2 Ton peermintaan Suplayer yang ada di Timika, tidak semua harus sayur-sayuran, karena Disnakerindag akan menyesuaikan dengan permintaan Suplayer, dimana dalam seminggu akan ada permintaan jenis sayur-sayuran dan di minggu berikut aka nada permintaah buah-buah, Labu Siam, Alpukat dan Bunga Kol.

Sayur yang dikirim ke Timika, Jelas Kepala Disnakerindak, dikumpulkan dari pertani yang ada di Jayawijaya, dimana setiap pertani membawa hasil kebun mereka ke Koperasi Esuok di Kantor Disnakerindag Jayawijaya.

Dari situ, Diskaerindag akan membelinya dari masyarakat, kemudian akan di paketkan untuk dikirik ke Timika pada setiap hari Jumat diminggu berjalan, selanjutnya pihak Suplayer akan membayar langsung kepada Koperasi Esuok.

Untuk saat ini, Disnakerindag belum dapat meminta dalam jumlah besar dari petani yang ada di Kabupaten Jayawijaya, karena kemampuan masyarakat yang ada di Jayawijaya untuk menyiapkkan sayur dalam jumlah besar belum bisa terpenuhi, sehingga Disnakerindag hanya memenuhi permintaan Suplayer sebanyak 2 Ton.

Namun, upaya ini tidak akan berhenti begitu saja, karena Disnakerindag Kabupaten Jayawijaya telah melakukan pendekatan dengan Pihak PT. Freeport.

Jika hal itu terwujud, tentunya harus ada ketersediaan jumlah sayur yang cukup banyak dari petani yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Lukas Kosay, upaya ini merupakan hasil Lobi Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Disnakerindag dengan pedagang sayur-sayuran yang ada di Timika Kabupaten Mimika.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *