Ratusan Masyarakat Mimika Deklarasi Dukung Pemekaran Provinsi Papua Tengah

Ratusan Masyarakat Mimika Deklarasi Dukung Pemekaran Provinsi Papua Tengah

TIMIKA (KT) – Ratusan masyarakat pesisir dan pegunungan memadati halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (13/4/2022).

Pantauan lapangan, ratusan masyarakat itu membentangkan bendera Merah Putih sepanjang ratusan meter.

Tak hanya itu, terlihat juga beberapa perwakilan panguyuban menggunakan pakaian adat hadir mendukung deklarasi tersebut.

Aparat keamanan dari Polsek Kuala Kencana, anggota Brimob dan Satpol-PP pun mengarahkan massa agar tetap tertib.

Mewakili tokoh masyarakat suku Kamoro, Yance Yohanis Beyau mengajak warga Mimika untuk mendukung Daerah Otonom Baru (DOB).

“Kita sama-sama terima DOB sebagai tuan rumah karena selama ini kita telah berjuang dan sudah ada titik terang Papua Tengah didepan mata,”kata Yance Yohanis,” ujarnya.

Ia mengatakan, nantinya ibu kota Provinsi Papua Tengah ada di Timika. Oleh karena itu, masyarakat adat harus dukung.

“Meepago mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung penyelesaian masalah Papua secara bermatabat melalui rekonsiliasi menuju Papua damai,” imbuhnya.

Selanjutnya dilakukan lenandatanganan pernyataan sikap ini diawali dari tokoh masyarakat Suku Kamoro yang diwakili Yance Yohanis Boyau. Kemudian dilanjutkan dari Amungme diwakili Karel Kum. Selanjutnya tokoh masyarakat dari berbagai Suku kekerabatan dan suku-suku se Nusantara di Kabupaten Mimika.

Berikut isi peryataan sikap yang dibacakan Yance Yohanis Boyau, yakni ‘kami kepala suku, tokoh pemuda, kepala kampung, lembaga, forum organisasi masyarakat wilayah adat Meepago mendukung penuh rekonsiliasi menuju Papua Damai. Mendukung penuh kebijakan pemerintah Pusat tentang DOB dan menerima keputusan Timika menjadi Ini Kota Provinsi Papua Tengah. (SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *