7 Tips Tidak Kalap, Tetap Dapat Hemat Saat Belanja Online

  • Whatsapp
Tetap Dapat Hemat Saat Belanja Online

Berbelanja online saat ini lebih banyak digemari, sebab dianggap lebih praktis dan cepat. Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan bisa mendapatkan berbagai macam barang sesuai keinginan. Akan tetapi, belanja seperti ini sangat rawan boros.

Agar dompet tidak selalu terkuras habis, tips belanja online hemat wajib Anda ketahui. Dengan menerapkan sistem hemat saat berbelanja di dunia maya, Anda tidak perlu khawatir mengalami besar pengeluaran berlebih setiap akhir bulan.

Stop Boros, Inilah 7 Tips Hemat Pengeluaran Saat Belanja Online

Tidak ingin selalu kehabisan uang setelah belanja online? Sebaiknya Anda menyimak tips bermanfaat di bawah ini. Belanja online tetap mudah dan menyenangkan tanpa was-was akan kehabisan cuan setelahnya. Pastikan cek penjelasan berikut ini !

1. Buat Daftar Belanja

Perlu Anda ketahui bahwa yang membuat daftar belanja tidak hanya untuk kepentingan belanja offline saja. Belanja secara online pun tetap membutuhkan agar tidak melenceng dengan apa yang sudah dicatat sebelumnya.

Banyak kasus terjadi, saat menjelajah berbagai toko online. Begitu ada barang yang menarik, meskipun tidak membutuhkan tetap dibeli meskipun pada daftar belanja tidak ditulis. Berbeda apabila Anda membuat daftar belanja bulanan sebelum membeli barang secara online.

Catatan belanja ini sangat penting sebagai kontrol agar tidak melenceng dari keinginan dan kebutuhan. Catatan ini pula yang akan membatasi Anda untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Walaupun ada promo atau diskon besar-besaran, apabila barang tersebut tidak ada dalam daftar belanja, tentunya Anda tidak akan menahan diri untuk membelinya.

2. Tentukan Budget Sekali Belanja

Selain menentukan daftar belanja, tips belanja bulanan agar selalu hemat adalah menentukan besaran budget dalam sekali belanja. Kontrol keuangan ini sangat penting agar Anda bisa mengendalikan keinginan untuk tidak belanja banyak barang yang tidak perlu diinginkan.

Apabila pada saat belanja bulanan tidak ada batasan budget, apalagi untuk belanja online, maka Anda tidak akan bisa mengontrol hingga akhirnya kebablasan saat melakukan belanja. Akhirnya Anda pun akan menghabiskan banyak uang.

3. Jangan Mudah Tergiur

Tips belanja online hemat selanjutnya adalah dengan selalu menanamkan dalam hati agar tidak mudah tergiur saat ada barang menarik. Ingat bahwa tidak semua barang menarik tersebut akan Anda butuhkan.

Bisa saja Anda hanya tertarik sesaat saja, tapi setelah membeli justru barang tersebut tidak terpakai. Oleh sebab itu, saat berbelanja di marketplace dan menemukan banyak toko online yang menjual barang menarik. Sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak membeli barang tersebut, sebab nilai fungsinya tidak begitu dibutuhkan.

4. Cari dan Pilih Toko Termurah

Tips belanja bulanan lain yang harus pula Anda ketahui adalah berkaitan dengan toko online yang akan dikunjungi. Seperti telah diketahui bahwa kini semakin banyak toko online yang menjual aneka barang kebutuhan dengan harga miring.

Saat mencari toko online, bukan hal aneh apabila menemukan berbagai toko dengan harga murah. Ada toko yang murah, saat mencari lagi ternyata ada yang lebih murah. Hal demikian merupakan sebuah kewajaran.  Hal semacam ini justru akan menjadi keuntungan, karena dengan menemukan toko yang lebih murah, Anda akan bisa lebih berhemat dengan mudah.

Akan tetapi, sebaiknya saat belanja online tidak hanya mementingkan harga murah saja. Anda juga wajib melihat review barang dan tokonya. Jangan sampai karena tergiur harga murah, akhirnya Anda justru mendapatkan barang yang rusak dan tidak sesuai keinginan dan harapan.

5. Belanja Ketika Ada Event

Belanja online lebih hemat dapat Anda lakukan saat ada event tertentu. Misalnya saat harbolnas atau pada hari besar. Banyak marketplace dan toko online yang menggelar event besar pada saat itu.

Nah, itulah yang harus Anda manfaatkan dengan berbelanja kebutuhan yang memang dibutuhkan. Umumnya harga yang ditawarkan akan lebih murah dari hari biasanya. Biasanya juga ada diskon atau promo tambahan lainnya yang tentu tidak boleh dilewatkan.

6. Gunakan Jasa Pengiriman Murah dan Terpercaya

Belanja online tentu saja barangnya harus dikirim melalui jasa pengiriman. Biasanya jasa yang digunakan beragam. Agar belanja lebih hemat, Anda harus jeli memilih jasa pengiriman. Pilih yang memasang tarif murah, tapi terpercaya. Sekarang banyak sekali jasa pengiriman murah, aman, cepat dan terpercaya.

7. Belanja Saat Ada Promo

Bagi ibu rumah tangga hemat saat belanja seperti telah menjadi kewajiban, karena yang mengatur keuangan adalah ibu. Jika tidak, bisa-bisa uang belanja bulanan tidak akan pernah cukup. Cara hemat uang belanja ibu rumah tangga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah berbelanja saat ada promo.

Promo ini tidak hanya ditemukan saat belanja offline, tapi juga ketika berbelanja online. Promo semacam ini biasanya banyak ditemukan di marketplace pada momen tertentu. Bukan hanya promo, Anda juga dapat memanfaatkan voucher yang disediakan oleh marketplace. Umumnya marketplace tersebut telah menyediakan fitur tersendiri untuk mengecek dan memilih jenis voucher yang dapat digunakan.

Untuk promo ini Anda bisa mendapatkannya dengan lebih banyak ketika berbelanja di Blibli.com. Terlebih promo gajian di Blibli.com sangat menarik dan jelas akan menghemat pengeluaran Anda ketika belanja online.

Fitur promo gajian dari Blibli.com juga memiliki banyak keuntungan yang nantinya akan memberikan Anda kepuasan sehingga tidak akan bosan saat berbelanja di Blibli.com. Pilihan voucher yang bisa Anda manfaatkan juga banyak sekali.

Jadi, tunggu apalagi. Segera belanja online di Blibli.com, dan dapatkan banyak promonya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan tips belanja online hemat agar Anda menjadi lebih bijak saat belanja online dan tidak jadi pribadi yang boros. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *