Pelantikan 3 Ketua Pj TP-PKK Kabupaten, Yosina Damanik Minta Sukseskan 4 Program Prioritas Nasional

Nabire, (KT) – Yosina Anwar Damanik, Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Papua Tengah, melantik 3 Ketua Pj TP-PKK kabupaten di Kantor Gubernur Papua Tengah, Nabire, pada Senin (18/3/2024).

Mereka yang dilantik adalah Dolvince N Boma sebagai Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Paniai, Agustina Rumpaisum sebagai Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Dogiyai, dan Rospince E Edowai sebagai Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Deiyai.

“Selamat atas pelantikan ini. Namun, saya ingin menekankan bahwa masa jabatan Pj Ketua PKK mengikuti masa jabatan Pj Bupati, yang paling lama 1 tahun. Meski demikian, saya berharap waktu yang singkat ini dapat dimanfaatkan untuk membangun dasar-dasar yang kuat dalam meningkatkan kinerja TP-PKK di masing-masing daerah,” ungkap Yosina Anwar Harun Damanik, Pj Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah, dalam sambutannya.

Dia berharap agar seluruh Pj Ketua TP-PKK yang baru dilantik memahami visi PKK, yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta sehat sejahtera secara lahir dan batin.

“Visi ini hendaknya senantiasa menjadi pedoman bagi seluruh pengurus PKK dalam menjalankan 10 program pokok PKK di daerah masing-masing. Selain itu, ada juga 4 program prioritas nasional yang harus kita sukseskan, yaitu penanganan stunting, pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi daerah, dan pengentasan pengangguran,” jelasnya.

Yosina Damanik juga meminta kepada para pimpinan daerah untuk mengalokasikan anggaran yang memadai guna mendukung program dan kegiatan PKK, serta memberikan ruang yang seluas-luasnya dalam berkoordinasi antar pengurus PKK dengan para pimpinan organisasi perangkat daerah.

“Mari kita bersatu dalam semangat gotong-royong untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul di tengah masyarakat kita. Dengan kerjasama yang solid, kita dapat mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Provinsi Papua Tengah,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, mengatakan agar Pj Ketua TP-PKK Kabupaten yang baru dilantik terus terlibat aktif dalam mendukung program pemerintah dari tingkat provinsi hingga desa.

“Saya berharap agar TP-PKK dapat mendukung program prioritas nasional, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim menjadi 0% pada tahun 2024, percepatan penurunan stunting menjadi 14% pada tahun 2024, dan pengendalian inflasi daerah,” ungkap Ribka Haluk dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik.

Ribka Haluk, yang juga merupakan Pembina TP-PKK Provinsi Papua Tengah, menyatakan bahwa TP-PKK masih memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan dalam mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, saya berharap sinergi antara TP-PKK Provinsi Papua Tengah dan kabupaten dapat terwujud melalui koordinasi program-program kerja yang berkelanjutan. Saya juga berharap agar organisasi perangkat daerah dapat bertindak sebagai pengawas dan pembimbing bagi PKK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *