KKB Pimpinan Joni Botak Diduga Pelaku Penembakan 3 Karyawan PTFI di Kuala Kencana

Kapolres Mimika AKBP I G. G Era Adhinata

TIMIKA (KT) – Kapolres Mimika AKBP I G. G Era Adhinata menyebutkan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak diduga sebagai pelaku penembakan 3 karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di OB (Office Building) PTFI Kuala Kencana, Senin (30/3/2020).

Dimana, KKB tersebut beranggotakan lebih dari delapan orang melakukan penyerangan dari arah hutan menggunakan senjata laras panjang. Akibatnya 1 WNA asal New Zealand Graeme Thomas Wall akhirnya meninggal dunia dan dua korban lainnya Jibril M A Bahar dan Ucok Simanungkali terluka akibat kena serpihan peluru.

KKB Pimpinan Joni Botak Diduga Pelaku Penembakan 3 Karyawan PTFI di Kuala Kencana

“Yang terlihat oleh saksi, mereka membawa senjata laras panjang. Saat kejadian, ada enam aparat keamanan yang bertugas disana dan langsung melakukan upaya pencegahan sehingga KKB mereka tidak bisa masuk di daerah OB PTFI,” kata Kapolres didampingi Kabag Ops Polres Mimika AKP Andyka Aer dan Kapolsek Kuala Kencana Iptu Y Harikatang, saat ditemui wartawan di Polsek Kuala kencana, Senin petang.

Lanjut, kata Kapolres, pasca melakukan penembakan, KKB langsung melarikan diri ke dalam hutan.

“Mereka melarikan diri ke arah hutan yang tembus ke Arwanop, Tembagapura. Saat ini kita masih lakukan pengejaran, kami harap pelakunya segera tertangkap,” kata Era. (SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *