KPU RI Bantu Dana APD Untuk KPUD Pelaksana Pilkada di Papua, Yahukimo Terbanyak

  • Whatsapp
Sekretaris KPU Papua, Ryllo Ashuri Panay

JAYAPURA (KT) – Selain dana bantuan hibah untuk pilkada, KPUD di 11 Kabupaten di Provinsi Papua juga mendapatkan bantuan dana APD dalam rangka tahapan Pilkada.

Sekretaris KPU Papua Ryllo Ashuri Panay mengatakan total jumlah bantuan yang diserahkan kepada 11 KPUD pelaksana Pilkada di Papua senilai Rp31.455.837.000.

Read More

“ jadi ada bantuan juga dari KPU RI dana bersumber dari APBN untuk pengadaan APD, ini berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada dalam masa pandemic Covid-19,” kata Ryllo, kepada wartawan, Senin.

Adapun jumlah tersebut, menurut Ryllo berdasarkan pengajuan dari masing-masing KPUD yang melaksanaan Pilkada, dan ini berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk Provinsi Papua, lanjut Ryllo dana tersebut telah ditransfer oleh KPU RI di masing-masing rekening KPUD daerah. Dimana jumlah tertinggi yang diperoleh untuk KPUD di Papua berasal dari Kabupaten Yahukimo dengan angka Rp8,245 miliar.

“Jadi ini juga kan disesuaikan dengan daerah, jumlah penyelenggara ditingkatannya, termasuk TPS juga,” katanya.

Sementara untuk kabupaten-kabupaten lainnya, lanjut Ryllo, seperti, Kabupaten Yalimo sebesar Rp4,035 miliar, Kabupaten Asmat sebesar Rp3,311 miliar, Kabupaten Pegunungan Bintang Rp4,342 miliar, Kabupaten Merauke Rp3,049 miliar.

“Yang paling terkecil di Kabupaten Supiori dengan nilai Rp657 miliar dan Kabupaten Mamberamo Raya dengan nilai Rp985 miliar, sementara Boven Digoel, Waropen dan Keerom, dan Nabire rata-rata nilainya Rp 1 miliar lebih,” jelas Ryllo. (TA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *