Bupati Dan Wakil Resmikan Puskesmas Distrik Walelagama

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Meresmikan Puskesmas Distrik Walelagama

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua.M.Si bersama Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum meresmikan Puskesmas Distrik Walelagama,Kamis (15/10/2020).

Dalam kegiatan persemian itu, Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua SE.M.Si melakukan penguntingan Pita dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Marthin Yogobi, SH.M.Hum membuka perdana pintu Puskesmas Distrik Walelagama.

Acara peresmian Puskesmas Distrik Walelagama diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin langsung oleh Ibu Pendeta Tanty Salamena.

Puskesmas Distrik Walelagama

Usai meresmikan Puskesmas Walelagama, Bupati Kabupaten Jayawijaya menyebutkan, setiap tenaga kesehatan khususnya di Distrik Walelagama dan seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya untuk tidak berbangga karena memiliki bangunan yang baru dan megah.

Namun harus benar-benar menunjukan kualitas dan perbaikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas.

“Pelayanan kesehatan timbuk bukan karena memiliki bangunan yang megah, tetapi harus lahir dari hati tenaga kesehatan,” ungkap Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Selaku Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Banua meminta kepada seluruh tenaga medis yang ada di Puskesmas Walelagama untuk melayani setiap masyarakat yang berobat dengan hati yang tulus.

Bupati menyebutkan, dirinya bersama Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya akan tetap berupaya memperbaiki dan memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat di Wilayah Kabupaten Jayawijaya terutama dalam bidang peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain Puskesmas Walelagama, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah melakukan pembangunan baru beberapa Puskesmas di Kabupaten Jayawijaya, diantaranya Puskesmas Asologaima, Bolakme dan juga Asolokobal

Menurut Bupati, untuk Puskesmas Walelagama sendiri akan di jadikan Puskesmas Rawat Inap.
Dengan harapan, masyarakat yang ada di Distrik Walelagama tidak perlu dan susah payah untuk turun berobat inap ke Kota Wamena, karena Puskesmas Walelagama sudah ditetapkan oleh Pemerintah menjadi Puskesmas Rawat Inap.

“Tidak semua pasien harus dirujuk ke Rumah sakit di kota, tetapi bisa juga di rawat di tingkat Puskesmas,” kata Bupati Banua.
Selain sarana bangunan, Bupati Kabupaten Jayawijaya menyebutkan akan meningkatkan SDM Medis yang ada di seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Karena peningkatan pelayanan kesehatan yang maksimal di tingkat Puskesmas harus juga di dukung dengan tenaga medis yang berkualitas dan memiliki hati untuk melayani.

Untuk sarana dan perlengkapan lainnya di dalam Puskesmas Walelagama, Bupati menyebutkan, Dinas Kesehatan dalam waktu dekat akan memberikan dukungan sarana pendukung lainnya.

Sedangkan pemerintah akan berupaya untuk menyiapkan anggaran yang khusus digunakan untuk belanja makan bagi pasien yang dirawat inap pada tingkat Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Distrik Walelagama, Odi Haluk menyampaikan terimakasih atas upaya dan dukungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam rangka memperbaiki sarana pelayanan kesehatan di tingkat Distrik, khususnya di Distrik Walelagama.
Kata Odi, seluruh masyarakat Distrik Walelagama menyampaikan terimakasih kepada Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum.

Odi menjelaskan, Bangunan baru Puskesmas Walelagama memiliki 22 ruangan kerja, yang terdiri dari 7 lantai berada di lantai II dan 15 ruang berada di lantai bawah.

Terkati tenaga kesehatan di Distrik Walelagama, Odi menyampaikan harapannya kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, agar supaya bisa menambah tenaga kesehatan di Puskesmas Walelagama.

Karena Puskesmas Walelagama adalah salah satu Puskesmas yang akan dijadikan Puskesmas Rawat Inap, sehingga sangat dibutuhkan tenaga kesehatan yang banyak.

Tujuannya agar pelayanan kesehatan kepada pasien dan masyarakat yang ada di Distrik Walelagama tetap maksimal dan memuaskan masyarakat.

Begitu juga dengan sarana dan alat kesehatan yang ada di Puskesmas Walelagama.
Sehingga, Odi meminta kepada Pemerintah dan Dinas Kesehatan untuk melengkapi sarana kesehatan yang dibutuhkan di Puskesmas Distrik Walelagama.(NP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *