Lince Kogoya, Perempuan Baptis Pertama Yang Dipercayakan Jadi Ketua Kongres Ke-19 PGBWP Jayawijaya

  • Whatsapp
Lince Kogoya, Ketua Pelaksanaan Kongres PGBWP Ke-19 Kabupaten Jayawijaya

Wamena (KT) – Salah satu Intelektual perempuan Baptis, Lince Kogoya, merupakan salah satu perempuan yang dipercayakan menjadi Ketua Pelaksanaan Kongres Persekutuan Gereja-Gereja Baptis West Papua (PGBWP).

Pelaksanaan Kongres Ke-19 dilaksanakan sekali setiap lima tahun dan untuk tempat pelaksanaannya sendiri, akan dilaksanakan pada Tahun Depan tepatnya Bulan Desember Tahun 2022 di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Sebagai salah satu Perempuan Baptis yang dipercayakan menjadi Ketua Panitia Kongres PGBWP Ke-19, Lince mengakui, akan menjadi tanggungjawabnya untuk melaksanakan amanat yang diberikan dan siap menyukseskan pelaksanaan Kongres PGBWP Ke-19 di Kabupaten Jayawijaya.

Untuk menyiapkan itu semua, Lince Menjelaskan, setelah dipercayakan menjadi Ketua Panitia, dirinya pertama-tama akan mengandalkan bantuan Tuhan, karena Umat Baptis adalah umat Baptis yang mandiri sesuai dengan Motto, “Kita Meminum air Dari Sumur Sendiri,”.

Untuk mennyukseskan pelaksanaan Kongres itu sendiri, Lince mengakui, akan menyiapkan dan membentuk panitia, seksi-seksi sebelum pelaksanaan Kongres itu, sehingga semua persiapan dapat berjalan lancar.
“Kita satu atau dua tahun sebelum pelaksanaan Kongres itu, kita bentuk panitia harus benar-benar kerja keras untuk menyukseskan pelaksanaan Kongres,” kata Lince, Jumat (15/1/2021) di Wamena.

Menurutnya, sejak tahun 1963 sampai dengan saat ini, setiap pelaksanaan Kongres selalu diketua oleh laki-laki, namun pada pelaksanaan Kongres Ke-19 Wamena, pertama kalinya seorang Perempuan Baptis dipercayakan menjadi Ketua Pelaksanaan Kongres Ke-19 Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Jelas Lince, langkah awal yang akan dilakukannya ialah, mempersiapkan rapat yang akan dilaksankan pada bulan Februari 2021, yang didalamnya akan membicarakan terkait persiapan sarana utama yang akan ditepati oleh peserta Kongres, serta kesiapan-kesiapan lainnya termasuk dana yang akan dibutuhkan dalam pembiayaan pelaksanaan Kongres Ke-19 Wamena.
“Untuk sukseskan itu, bagi saya harus iman dan mental saya kuat, jadi saya harus bekerja keras bersama panitia,” kata Lince.

Secara Pribadi, Lince menyebutkan, dirinya merasa bangga sebagai anak yang dilahirkan dan dibesarkan oleh Gereja Baptis, maka sudah menjadi tanggungjawabnya untuk melaksanakan perintah Gereja dalam menyukseskan pelaksanaan Kongres Ke-19 di Wamena.

Menurut Lince, dirinya tidak bisa berjalan sendiri, sehingga dirinya membutuhkan dukungan seluruh Jemaat Baptis dan seluruh perangkat Panitia Pelaksanaan Kongres, agar pelaksanaan Kongres di Tahun 2022 dapat berjalan aman, lancar dan Sukses.

Sementara itu, Panitia Kongres ke 19 Persekutuan Gereja-Gereja Baptis West Papua Resmi dilantik oleh Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-Gereja Baptis West Papua (BPP-PGBP)

Presiden Baptis West Papua Dr.Socrates Sofyan Yoman Mengatakan Perempuan Juga bisa seperti laki-laki, karena perempuan mampu dan sangup.

Presiden Meminta panitia Bekerja dengan penuh rasa Bertangung jawab dan Jujur, sebab kita memikul salib Yesus bersama sama untuk masuk Kerajaan sorga dan selamatkan umat Tuhan yang tersisa.

Lanjut Yoman Gereja dan PGBWP adalah Honai kita yang Allah Buat melalui orang tua, didalamnya kami lahir orang-orang yang hebat dan cerdas”hasil Gereja lahir laki- laki perempuan yang cerdas seperti ketua Panitia sampai sekarang kami ada mari kita menjaga honai dan rumah ini dengan baik bila tidak ada gereja kami hidup kacau hidup tidak benar mari kita menjaga honai kita” pesan Yoman Kepada Panitia dan Peserta Rapat Lengkap Tahunan di Gereja Baptis Bahtera Kodim 14/01/202

Dalam kesempatan itu Juga, PGBWP melakukan Rapat Lengkap Mengevaluasi Pelayanan Tahun 2020 dan Merumuskan pelayan 2021.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *