KPU Tetapkan Jhon Tabo – Ever Mudumi Jadi Bupati Terpilih Mamberamo Raya Tahun 2020

  • Whatsapp
KPU Tetapkan Jhon Tabo – Ever Mudumi Jadi Bupati Terpilih Mamberamo Raya Tahun 2020

JAYAPURA (KT) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua selaku KPU Kabupaten Mamberamo Raya, Kamis (18/02/2021) menetapkan Dr (HC) Jhon Tabo dan Ever Mudumi sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya tahun 2020.

Penetapan pasangan dengan nomor urut 04 ini, digelar dalam rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Mamberamo Raya yang dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Papua selaku KPU Mamberamo Raya, Theodorus Kossay didampingi 5 anggotanya di salah satu hotel di kota Jayapura.

“Jadi dengan ditetapkannya Paslon Nomor Urut 4, Jhon Tabo – Ever Mudumi, maka ini sebagai akhir dari seluruh rangkaian tahapan Pilkada Kabupaten Mamberamo Raya,” kata Theo kepada wartawan.

Menurut Theo, sebelumnya pasca penetapan hasil pleno perolehan suara Pilkada di Kabupaten Mamberamo Raya, terdapat tiga gugatan PHP Bupati di Mahkamah Konsitusi (MK). Dimana pada 15 Februari MK telah menggelar sidang putusan dan hasilnya 2 gugatan tidak dapat diterima dan satu gugatan lainnya dinyatakan gugur.

“Sehingga berdasarkan putusan MK tersebut, maka KPU Papua selaku KPU mamberamo Raya menindaklanjutinya dengan melakukan penetapan terhadap paslon nomor urut 4 dengan hasil perolehan 8577 suara, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya tahun 2020,” jelas Theo Kossay.

Dengan berakhirnya tahapan Pilkada Mamberamo Raya, menurut Theo, KPU telah membuktikan bahwa indikasi-indikasi tindak kerawanan yang menjadi kekhawatiran masyarakat, tidak terjadi dan pelaksanaan Pilkada Mamberamo Raya berjalan aman dan lancar hingga pada penetapan hari ini.

“Itu semua juga tidak terlepas dari koordinasi antar penyelenggara bersama TNI/Polri dan Pemerintah, Paslon serta masyrakat. KPU sampaikan terima kasih atas konduksifitas selama Pilkada di Kabupaten Mamberamo Raya,” jelasnya.

Terlepas dari Kabupaten Mamberamo Raya, lanjut Theo, di hari yang sama juga, dilakukan penetapan calon terpilih di KPU Kabupaten Pegunungan Bintang dan rencananya KPU Waropen juga akan melakukan penetapan calon terpilih pada 19 Februari, dan 21 Februari jadwal
Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten Asmat.

Menurutnya, dari 11 Kabupaten yang menggelar Pilkada di Papua, terdapat 4 KPU yang telah melakukan pleno penetapan calon terpilih, masing-masing Yahukimo, Merauke, Keerom dan Supiori.

Sementara 7 kabupaten lainnya yang melakukan gugatan PHP di MK, 4 kabupaten diantara telah menerima putusan masing-masing, Mamberamo Raya, Waropen, Pegunungan Bintang, Asmat dan Kabupaten Nabire untuk sebagian.

“Untuk putusan MK, gugatan PHP Palson dari keempat kabupaten ini, semuanya tidak dapat diterima dan satu lainya gugur,” katanya.

Sementara untuk Kabupaten Nabire untuk sebagian yakni gugatan dari dua paslon, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Boven Digoel, menurut Theo, gugatan PHP masih berlanjut ke tahapan pemeriksaan dan pembuktian.

Sementara Bupati Terpilih Kabupaten Mamberamo Raya, Dr (HC) Jhon Tabo mengucap syukur atas tahapan penetapan yang telah dilakukan KPU Provinsi Papua selaku KPU Kabupaten Mamberamo Raya, terkhususnya rakyat Kabupaten Mamberamo Raya yang telah memberi kepercayaan untuk menjadi pemimpin 5 tahun kedepan.

“Kami bersyukur dan terima kasih atas kepercayaan masyrakat. Hal ini menunjukkan rakyat semakin mengerti tentang demokrasi yang jujur, adil terutama penyelenggara yang menjalankan tugasnya sesuai aturan,” jelasnya.

Mantan Bupati Tolikara ini menyebut kedepannya setelah memimpin Mamberamo Raya, ia akan memprioritaskan SDA dan menerapkan sistem pendidikan berpola asrama, serta letak pembangunan kota yang berbasis lingkungan hidup.

“Kita berharap semua akan berjalan dengan baik hingga pelantikan nanti, dan saya mengajak teman-teman peserta pilkada dan pendukungnya, mari bersama-sama membangun Kabupaten Mamberamo Raya,” kata Jhon Tabo. (TA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *