Ratusan Kendaraan Motor di Timika Terjaring Razia

TIMIKA (KT) – Ratusan kendaraan bermotor terjaring razia yang dilakukan oleh Polres Mimika dibackup Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Sabtu (12/3/2022).

Pantuan lapangan, terlihat razia dipimpin langsung Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan bersama jajaran Kasat dan Kapolsek Mimika Baru di dua titik yakni Jalan Yos Sudarso sekitaran eks pasar swadaya dan Jalan Hasanuddin.

Dalam rangka operasi keselamatan Damai Cartenz 2022, ratusan kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat, kendaraan knalpot racing, hingga pengendara yang tidak menggunakan helm pun harus memarkirkan motornya dan langsung mendapatkan tindakan penilangan.

Parahnya, sebagian kendaraan yang nekat kabur dari razia tersebut bahkan menabrak petugas. Yang terjaring pun berupaya melakukan negoisasi berharap bisa diloloskan. Tegas, petugas tetap melakukan penegakkan hukum kepada para pelanggar.

“Kita langsung lakukan tindakan penilangan kepada pelanggar. (Terlihat) masih banyak yang tidak menggunakan helm, motor tanpa sesuai standar, berbonceng tiga dan dalam pengaruh miras. Ini akan terus kita galakan agar lebih tertib. Polisi bukan semata-semata mencari kesalahan tapi ini untuk keselamatan masyarakat. Polisi bekerja untuk keselamatan masyarakat,” ujar Dion usai razia tersebut, Sabtu siang.

Dijelaskannya, ratusan kendaraan tersebut kemudian diamankan ke Kantor Satuan Lalulintas Polres Mimika. Puluhan diantaranya diamankan penyidik Satreskrim ke Kantor Pelayanan Masyarakat Polres Mimika lantaran dicurigai merupakan motor curian.

“Sebagian ada yang sudah dikembalikan ke pemiliknya karena telah menunjukkan bukti surat kepemilikan dan membayar penilangan negara. (yang dicurigai) itu Reskrim kan punya data curanmor. Laporan polisi curanmor ini masih ada, dan itu masih didalami. Dengan kita melakukan operasi ini, tentu kita bisa mengetahui, mencari keberadaan motor-motor curian tersebut,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, razia yang dikemas dalam Operasi Keselamatan Damai Cartenz 2022 ini akan berlanjut hingga beberapa hari kedepan dengan sasaran pada titik-titik lokasi yang dianggap banyak terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Saya juga mengimbau masyarakat jangan lupa menggunakan helm. Ini operasi langsung penegakkan hukum. Tolong utamakan keselamatan berkendara,” imbuhnya. (SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *