Bupati Yahukimo Optimis Pemekaran Papua Bawa Berkat

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli

JAYAPURA (KT) – Bupati Yahukimo Didimus Yahuli menyambut baik kunjungan kerja rombongan Komisi II DPR RI ke Jayapura. Ia memandang pemekaran Provinsi Papua membawa berkat bagi masyarakat Pegunungan Tengah.

Menurutnya, seluruh Bupati Pegungan Tengah secara musyawarah dan mufakat menyetujui pemekaran Provinsi Papua. Dimana, Kabupaten Yahukimo dalam RUU Papua Pegunungan masuk dalam wilayah Provinsi Papua Pegunungan.

Read More

“Kami orang pegunungan bekas (Kabupaten) Jayawijaya ini tidak bisa menyangkal pemekaran ini karena pemekaran bawa berkat. Itu kata kuncinya disitu,” kata Didimus kepada wartawan di Jayapura, Sabtu (25/6/2022).

Ia menuturkan, hal kedua ialah pemekaran ini bisa dikasih dengan beberapa syarat. Misalnya perlunya pembangunan infrastruktur seperti sekolah, universitas dan rumah sakit. Pemerintah Pusat juga diharapkan dapat mendatangkan guru-guru, mantri serta tenaga kesehatan.

Menurutnya, butuh dana yang besar untuk membangun Pegunungan Tengah. Karenanya, pemerintah provinsi yang baru juga diharapkan diberikan proporsi dana yang besar terkait biaya pembangunan yang tinggi di daerah Pegunungan Tengah.

“Hanya kita harap juga, jangan kasih provinsi tapi dananya kurang. Karena bangun pegunungan dengan bangun dataran pesisir ini beda. Kalau pegunungan ini harus biayanya besar sehingga ini bisa terjangkau dan orang bisa merasakan arti kesejahteraan itu,” tuturnya.

Pemikirannya ini, ujarnya, perlu ia sampaikan dan pemikiran ini tidak akan menggugurkan pemikiran-pemikiran dinamis yang berkembang di tanah dan negeri ini.

Selain infrastruktur, ia juga meminta agar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta penerimaan pegawai negeri sipil diatur dalam Undang-Undang yang rencananya akan disahkan DPR RI pada 30 Juni mendatang.

Hal lainnya, ia meminta agar dalam Undang-Undang juga diatur agar putra-putra daerah dapat menduduki jabatan-jabatan yang strategis dalam provinsi yang baru. Menurutnya, hal ini bisa mengurangi pro-kontra pemekaran dan isu negatif pemekaran Provinsi Papua.

“Dan itu kita buktikan dengan pemekaran kabupaten  Jayawijaya kita mekar, orang Yahukimo bertambah banyak. Dan kita menjabat hampir 100 persen anggota DPR, orang asli yahukimo. Dan juga anggota DPR Papua Pegunungan akan orang asli semua,” ujarnya dengan optimis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *