KPU Kota Jayapura Sosialisasi Peraturan KPU Pada Partai Politik

  • Whatsapp
KPU Kota Jayapura Sosialisasi Peraturan KPU Pada Partai Politik

JAYAPURA (KT) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura mengadakan sosialisasi Peraturan KPU nomor 4 tahun 2022 kepada partai politik di hotel Horison Kotaraja, Jayapura, Jumat (29/7/2022). Kegiatan ini untuk memberikan informasi mengenai tugas dan tanggung jawab partai politik pada Pemilihan Umum 2024.

“Harapannya, mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab mereka sehingga nantinya pada Pemilu 2024 partai politik siap. Jangan ada partai politik yang tidak ditetapkan sebagai peserta pemilu di Kota Jayapura,” kata Ketua KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama kepada wartawan usai kegiatan sosialisasi, Jumat (29/7/2022).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut adalah sosialisasi peraturan KPU nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024 dan salah satu dasar hukum kegiatan adalah Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Untuk Pemilu 2024, imbuhnya, partai politik dapat datang ke KPU Kota Jayapura untuk berkonsultasi semua hal terkait tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik. Pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk menerima dan melakukan verifikasi. Sedangkan pendaftaran dan penetapan partai peserta Pemilu ditentukan oleh KPU Pusat.

“Kewenangan kami tidak seperti tahun 2019. Terbatas oleh peraturan perundang-undangan yang baru. Sehingga kami arahkan partai politik yang punya kepentingan untuk lebih berperan aktif dalam melakukan kerja-kerja menyangkut dengan pelaksanaan verifikasi partai politik tahun 2024,” ujarnya.

Menurutnya, untuk saat ini, telah ada tiga partai politik yang telah 100 persen mengunggah data administrasinya ke Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU Pusat. Baik partai politik yang lama maupun yang baru masih ada sekitar 35 partai yang belum selesai mengunggah kelengkapan administrasinya.

Namun hal ini masih membutuhkan kerja-kerja oleh KPU untuk melihat kembali dan memverifikasi berkas-berkas partai politik.

“Kami masih tunggu juga itu perkembangannya nanti kami akan sampaikan,” ujar Oktovianus.
Ia juga menyebutkan bahwa KPU Kota Jayapura telah menyiapkan Help Desk atau pusat informasi bagi partai politik di Kota Jayapura yang ingin meminta atau mencari informasi terkait pendaftaran dan verifikasi partai politik.

“Kami siap untuk memberikan keterangan, atau dari partai politik mencari keterangan atau memerlukan keterangan dari KPU Kota Jayapura,” pungkasnya.

Ia menuturkan, tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu telah dimulai sejak awal bulan Juli dengan dimulainya proses mengunggah administrasi partai politik di aplikasi SIPOL. Proses pengunggahan administrasi ini masih berjalan hingga kini. Namun secara resmi, pendaftaran partai politik dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022.

“Kami KPU Kota Jayapura sangat mengharapkan partisipasi aktif dari bapak ibu sekalian. Kalau mengalami kendala-kendala, bisa datang dan berkoordinasi dengan kami KPU Kota Jayapura,” kata Oktovianus kepada sekitar 15 ketua atau pengurus partai politik yang hadir dalam kegiatan sosialisasi.

Salah seorang peserta sosialisasi ini, Sekretaris DPD Kota Jayapura Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dr. Saling, SE, MM mengatakan pihaknya dari partai politik khususnya partai politik di Kota Jayapura sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi dari KPU Kota Jayapura ini.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini sangat efektif karena memberikan informasi kepada partai politik semua agar proses tahapan pemberkasan, baik partai politik yang memenuhi parlemen threshold maupun yang belum. Terlebih materi juga dibagikan kepada seluruh pengurus partai.

Pasalnya, imbuh Saling, tanpa ada sosialisasi partai politik tidak mengetahui tahapan-tahapannya seperti apa. Bahkan dalam kegiatan sosialisasi jadwal telah disampaikan secara teknis serta dasar hukumnya juga sudah disampaikan kepada para peserta sosialisasi.

“Kalau tidak ada sosialisasi, semua partai politik bekerja meraba-raba sehingga kegiatan ini sangat efektif buat kita semua,” kata anggota DPRD Kota Jayapura ini. (rico)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *