Upaya Damai Cartenz 2024 untuk Pembebasan Pilot Susi Air Mengedepankan Pendekatan Lunak

Upaya Damai Cartenz 2024 untuk Pembebasan Pilot Susi Air Mengedepankan Pendekatan Lunak

Jayapura, (KT) – Dalam rangka pembebasan Pilot Susi Air, Capt Philip Matk Marthens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya, Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 terus berkomitmen melakukan upaya pembebasan dengan mengedepankan pendekatan lunak.

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2024 AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. menegaskan bahwa proses negosiasi komunikasi sedang berlangsung dengan Egianus Kogoya oleh pemerintah setempat untuk mencapai pembebasan pilot Susi Air, pada Rabu (31/01/2024).

“Dalam upaya ini, Pj. Bupati Nduga yang memiliki kedekatan dan kekerabatan dengan Egianus Kogoya dipilih untuk melakukan negosiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),” ujar Bayu.

AKBP Bayu menjelaskan bahwa meskipun berbagai komunikasi telah diinisiasi oleh Pj. Bupati Edison Gwijangge, namun hingga saat ini belum tercapai kesepakatan pembebasan pilot Susi Air.

“Sudah ada berbagai upaya komunikasi yang dilakukan oleh Pj. Bupati Edison Gwijangge, tetapi kesepakatan untuk pembebasan pilot Susi Air belum tercapai hingga hari ini,” tambahnya.

Satgas Damai Cartenz 2024 mengutamakan pendekatan lunak (soft approach) dalam upaya pembebasan ini dengan mempertimbangkan aspek kemanusiaan dan keselamatan pilot tersebut.

“Kami, dari Satgas Damai Cartenz 2024, mengedepankan pendekatan lunak terlebih dahulu sebagai pertimbangan kemanusiaan dan keselamatan pilot itu sendiri,” ungkap Bayu.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H, berharap agar Capt Philip Mark Marthens dapat segera dibebaskan dalam keadaan sehat.

“Kami berharap agar Pilot Susi Air Capt Philip Mark Marthens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bisa dibebaskan sehingga dapat kembali ke Negaranya dalam keadaan sehat, terutama kepada keluarganya,” tambah Kombes Faizal.

Perlu diingat bahwa pada 7 Februari 2024, akan genap 1 tahun sejak Pilot Susi Air Capt Philip Mark Marthens disandera oleh KKB setelah mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *