SD Inpres Walaik Hanya Miliki Satu Kepala Sekolah Sebagai Pengajar

  • Whatsapp
Nampak Anak-Anak SD

Wamena (KT) – Sekolah Dasar (SD) Inpres Kulitarek Distrik Walaik Kabupaten Jayawijaya hanya memiliki satu kepala sekolah yang berfungsi ganda sebagai tenaga pengajar atau guru.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distrik Walaik Kabupaten Jayawijaya, Hendrik Lani belum lama ini di Distrik Walaik Kabupaten Jayawijaya.

Read More

“Kendala kami disini itu, di SD kami disini itu hanya kepala sekolah saja, tidak ada guru kelas,” kata Plt. Kepala Distrik Walaik.

Hendrik Lani, Plt. Kepala Distrik Walaik

Menurutnya, selama pelaksanaan Musrembang, dirinya selalu minta agar ada pengadaan tenaga guru untuk di tepatkan di SD Inpres Walaik, namun pemerintah hingga saat ini belum mengakomodir, sehingga banyak siswa yang memilih untuk pindah sekolah.

Hendrik juga telah berusaha meminta agar di Distrik Walaik bisa memiliki Sekolah Menegah Pertama (SMP), namun hal itu belum dapat terpenuhi, karena Distrik Walaik hanya memiliki satu SD Inpres.

Untuk anak-anak SMP asal Distrik Walaik, Hendrik menjelaskan, sebagian besar anak-anak ada yang ditampung di Kota Wamena, dan sebagian kecilnya ada dan menetap di Distrik Walaik.

“Ada yang ditampung di kota, kalau yang tinggal di sini, mereka bangun pagi-pagi jam 4 subuh dan jalan kaki ke sekolah di kota,” kata Hendrik.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya, Walden Hoot Sinaga menjelaskan, pendistribusian tenaga pegajar atau guru di Kabupaten Jayawijaya masih perlu di rasionalisasi, karena tidak semua sekolah bisa mendapatkan guru PNSnya.

Sehingga, upaya yang dapat diambil dari setiap sekolah yang membutuhkan tenaga guru, ialah dengan mengangkat tenaga honor dari daerah masing-masing sebagai tenaga pengajar di sekolah dan dibiayai oleh dana BOS.

“Kami harap di Walaik bisa laksankan seperti itu, sambil menunggu hasil tenaga guru dari Formasi 2018 lalu,” kata Walden.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *