Papua Tambah Dua Medali Emas Cabor Bermotor

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menyerahkan medali emas ke tim cabor motor Papua di Merauke-Jubi/PB Humas PON Merauke

MERAUKE (KT) – Tuan rumah Papua berhasil  menambah perolehan  2 medali emas dari cabang olahraga bermotor PON XX Papua tahun 2021 yang berlangsung di arena sirkuit balap Motor, Tanah Miring, Kabupaten Merauke,   Sabtu (9/10/2021).

Motorcross  yang dipertandingkan tersebut memperbutkan 4 medali emas, yakni  kelas beregu MX  250 CC,  kelas beregu MX 125 CC. Selanjutnya  kelas persorangan MX 125 CC dan kelas perseorangan MX 250 CC.  Kedua emas   berhasil diboyong atlet Papua itu dari kelas beregu baik MX 125 CC maupun kelas MX 250 CC.

Untuk kelas MX 125 CC  berhasil direbut duet Nakami Vidi Makarim dan Akbar Aureliansyah Lubis. Sedangkan  untuk kelas MX 250 CC  berhasil dipersembahkan Yosua Patipi dan Lantian. Sedangkan untuk motorcross  kelas perseorangan 125 medali emas direbut oleh Jawa Timur.

Sedangkan Papua  memperoleh medali perak Nakami Vidi Makarim. Sebenarnya,  Papua berpeluang memperoleh medali emas pada kelas tersebut, namun  saat star Nakami Vidi Makarim terjatuh  sehingga sempat tertinggal. Namun dengan semangat juang yang tinggi sehingga Nakami Vidi Makarim berhasil kembali menyalip hingga berada di urutan kedua sampai finish  sehingga berhak memperoleh  medali perak.

Sementara  untuk kelas perseorangan kelas MX 250 CC, Papua  berhasil memperoleh medali perunggu. Medali  emas diperoleh M. Delvintor Alfakizi dari DKI dan medali perak diperoleh I Gusti Ngura Diva Ismayana dari Bali.  Selanjutnya, untuk medali perak pada kelas beregu kelas MX 125 CC berhasil diperoleh I Kadek Kompyang Fajar K dan Nuzul Ramzidah dari Papua Barat.

Sedangkan medali perunggu direbut  M.Arsenio Algifari dan Racha Prabu Ferdiansyah dari DKI Jakarta. Sementara   medali perak untuk kelas beregu 250 CC berhasil direbut  atlet  M. Delvintor Alfarizi dan Frahan Hendra Fahrodji dari DKI Jakarta. Sedangkan medali perunggu direbut Muhammad  Asel dan Andre Sindakh  dari Papua Barat.

Dengan tambahan medali tersebut, maka Papua berhasil meraih 5 dari 8 medali emas yang diperebutkan dari Cabor bermotor ini,  kemudian 1 medali perak dan  3 medali perunggu. Gubernur Papua Drs Domingus Mandacan, M.Si  tampak hadir  menyaksikan langsung satu sesi akhir pertandingan tersebut. Bahkan sempat   menyerahkan medali  kepada para pemenang kelas beregu MX 125 CC.

“Saya tidak bisa berkata-kata lagi. Yang  jelas saya sangat senang sekali,’’ kata   Yosua Patipi seusai menerima medali emas bersama Lantian. Ketua Dewan Pembina  Pengprov IMI Papua Rudy Maswi menilai pencapaian yang diperoleh  Papua  untuk Cabor Bermotor  ini luar biasa. Karena melebihi dari target. ‘’Sebenarnya  apapun bisa kita buat, yang penting event diperbanyak. Kalau merata, saya pikir anak-anak kita bisa bersaing ,’’ tandas Rudy Maswi.

Ketua Pengprov IMI Papua Yan P. Mandenas memberikan apresiasi atas pencapaian tersebut meski diakui banyak keterbatasan saat persiapan namun keberhasilan ini karena banyak dibantu tuan rumah Merauke terutama bupati dan Pengkab IMI Merauke yang banyak memberikan suport untuk atlet dan  pelatih.

‘’Terima kasih juga kepada teman-teman IMI yang sudah bekerja keras tanpa mengenal lelah. Mereka sudah mengorbankan  tenaga dan waktunya untuk bagaimana mensukseskan event ini sekaligus  bagaimana mendorong dan memotivasi atlet untuk memperoleh emas,’’ tandasnya. (Humas PB PON Papua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *