Tiga PDP Covid-19 Kabur, Tim Satgas Segera Telusuri Keberadaannya

Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra

TIMIKA (KT) – Tiga pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dilaporkan kabur dari salah satu rumah sakit di Mimika, Sabtu (2/5/2020).

Membenarkan hal tersebut, Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold R Ubra mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan melalui panggilan Call Center dari salah satu rumah sakit pada Sabtu sore.

“Besok kami coba lakukan pencarian,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media dalam vidio confrence yang digelar Dinas Kominfo Mimika, Sabtu malam.

Kendati demikian, kata Reynold, ketiga pasien tersebut belum dapat dipastikan sebagai pasien yang positif terjangkit virus corona jenis baru itu. Hal itu dapat dipastikan dengan dilakukan pemeriksaan sampel lendir dengan metode PCR.

“Yang jelas, ketiganya belum tentu Covid-19. Karena apakah memiliki riwayat kontak dengan pasien positif. Jadi belum tentu mereka adalah orang yang terinfeksi sebelum tes PCR,” katanya.

Menurut Reynold, alasan kaburnya tiga pasien tersebut juga dapat dikarenakan adanya kekhawatiran lantaran kurangnya pemahaman dan pengetahuan terkait Covid-19

“Kami belum tahu apa alasan yang bersangkutan pergi meninggalkan rumah sakit. Mungkin karena ketakutan lantaran pemahaman, pengetahuan yang kurang maksimal atau ada masalah lain sehingga kabur,” imbuhnya. (SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *