1 Desember, 500 Personel Patroli 24 Jam Secara Bergantian

  • Whatsapp
1 Desember, 500 Personel Patroli 24 Jam Secara Bergantian

TIMIKA (KT) – Kapolres Mimika AKBP I G G Era Adhinata menyebutkan, sebanyak kurang lebih 500 personil gabungan TNI-Polri melakukan patroli selama 24 jam dengan jadwal bergantian. Jumlah tersebut hanya untuk di dalam kota Timika.

“Puji Tuhan sekarang kita telah masuk bulan Desember yang penuh kasih. Bulan ini tentunya banyak rangkaian kegiatan masyarakat khususnya umat Nasrani yang melaksanakan rangkaian upacara Natal. Makanya mulai tanggal 1 ini sampai akhir tahun 2020, satuan TNI dan Polri di Timika akan terus mengamankan kota timika dari berbagai macam ancaman gangguan keamanan,” ujarnya didampingi para Dansat TNI-Polri se-Garnisum Mimika di Kantor Pelayanan masyarakat Polres Mimika, Selasa (1/12/2020).

1 Desember, 500 Personel Patroli 24 Jam Secara Bergantian

Selain patroli, aparat gabungan TNI-Polri itu melakukan siaga di 12 titik sejak Senin (30/11/2020) malam guna menjaga situasi Kamtibmas di Mimika tetap kondusif tanpa adanya gangguan. Khususnya memasuki bulan kasih Natal dan Tahun 2020.

Pasalnya, 1 Desember juga diklaim sekelompok orang di Papua sebagai hari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM). Pada tahun sebelumnya, 1 Desember, sering dilakukan aksi-aksi pengibaran bendera Bintang Kejora

Memastikan situasi aman dan kondusif para Dansat TNI-Polri se-Garnisum Mimika itu, melakukan patroli menggunakan motor trail. Diantaranya, yakni Kapolres Mimika AKBP I G G Era Adhinata, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, Danyon Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua AKP Ramadhona, Danbrigif 20-IJK/3 Kostrad Letkol Inf Edy Widyanto, Danlanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Anggit Budi Wibowo, Danyonif R-754/ENK Letkol Inf Dodi Nur Hidayat, Danlanal Timika Letkol (P) Laut, Wakapolres Kompol I Nyoman Punia, Kabag Ops AKP Dionisius VDP Helan serta diikuti konvoi pasukan gabungan TNI-Polri.

Adapun rute-rute yang dilewati meliputi Jalan Cenderawasih, Jalan Trikora, Jalan Airport, Jalan Sosial, Jalan Ahmad Yani, Jalan Leo Mamiri, Jalan Yos Sudarso, Jalan Hasanuddin, Jalan Budi Utomo dan singgah di Lapangan Timika Indah mengecek pasukan TNI-Polri yang sedang berjaga-jaga.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jalan Airport-Sosial, lalu singgah melakukan pengecekan pasukan yang sedang berjaga-jaga di lokasi itu. Selanjutnya patroli dilanjutkan menuju wilayah Kwamki Narama.

Sampai di Kwamki Narama, patroli singgah di Pos Polisi Sub Sektor Kwamki Narama melakukan koordinasi dengan personel Brimob BKO yang sedang berjaga-jaga.

Setelah itu patroli dilanjutkan dari Kwamki Narama menuju Jile Yale, SP 3, SP 2 dan kembali ke Kantor Pusat Pelayanan Polres Mimika.

Dikatakan Kapolres, satuan TNI-Polri yang ada di Mimika akan terus bersinergi mengamankan Kota Timika dari gangguan keamanan, baik itu gangguan yang bersifat konvensional maupun gangguan lainnya.

“Kita lihat bersama di tanggal 1 Desember ini situasi aman dan terkendali. Namun kita tetap waspada dan tetap melakukan patroli. Patroli inipun tetap kami lakukan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa dalam bulan Desember hingga akhir tahun 2020 ini, TNI dan Polri akan terus bersinergi menjaga Kamtibmas di Mimika,” ungkap

Ia pun berharap, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, semua pihak bisa saling membantu, terutama untuk mengingatkan masyarakat dalam hal penggunaan protokol kesehatan di dalam setiap aktivitas, terutama memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Bahkan, dengan banyaknya aktivitas masyarakat, harapan besarnya adalah tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan unsur kepala-kepala satuan kerja agar dapat mengimbau kepada masyarakatnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Besar harapan agar selama pandemi covid-19 ini, semua saling membantu mengingatkan masyarakat guna menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas,” imbuhnya. (SL)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *