Pecatur PON Papua Wakili Indonesia Lolos ke Babak Final Kejuaraan Dunia Catur Online Blitz

Pecatur PON Papua Wakili Indonesia Lolos ke Babak Final Kejuaraan Dunia Catur Online Blitz

Jakarta (KT) – Ditengah- tengah pemusatan latihan tim catur PON Papua yang berlangsung di Ciawi Jawa Barat, salah satu atletnya yakni Yosefh Theolofius Taher IM berhasil lolos ke babak final Kejuaraan Dunia Catur Online Blitz antar mahasiswa tahun 2021. Keberhasilan Yosefh T. Taher masuk babak final menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Kejuaraan yang diikuti 960 peserta berasal 119 negara.

Yosefh T. Taher lolos ke babak final setelah melalui pertarungan sengit selama 10 babak pada hari minggu lalu. Kemudian terpilih 8 pecatur yang lolos ke final. Mereka yang lolos adalah IM Yoseph Theolifus Taher (Indonesia), GM Iniyan P (India), GM Mikhail Antipov (Rusia), GM Grigoriy Oparin ( Rusia), IM Irakli Beradze (Georgia), GM Xu Yinglun (China), GM Haik Martirosyan (Armenia), dan GM Gabuzyan Hovhannes (Armenia).

Pada babak final yang digelar Kamis, 18 Maret, pukul 21.00 WIB dan disiarkan melalui Tornelo.com, Yosefh Taher mengumpulkan poin 2 dari hasil satu kali menang dan 2 remis. Dengan hasil tersebut, Yosefh Taher menempati urutan 7 Kejuaraan Dunia Catur Online Blitz antar mahasiswa tahun 2021.

Latihan tim catur PON Papua yang berlangsung di Ciawi Jawa Barat,

Manajer tim catur PON Papua Ariadi SE menyambut baik torehan Yosef Taher dalam kejuaraan Dunia Catur Online Blitz antar mahasiswa tahun 2021. “Lolos ke babak final dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kejuaraan itu, tentu kita apresiasi dan membanggakan, harapannya dalam kejuaraan-kejuaran selanjutnya grafik permainan terus meningkat,”ujar Ariadi Kamis 18 Maret malam.

Apalagi, lanjut Ariadi, saat ini tim catur PON Papua sedang menjalani pemusatan latihan di Ciawi Jawa Barat, tentu akan semakin banyak kesempatan untuk mengikuti turnamen baik itu domestik maupun mancanegara, secara online maupun langsung guna terus mengasah kemampuan sebelum terjun di PON. “Kami memilih pemusatan latihan di Jawa Barat, agar lebih mudah mengikuti berbagai turnamen, terutama turnamen bertaraf nasional maupun Internaisonal,”ungkap Ariadi.

Dengan terus mengikuti turnamen, kemampuan atlet akan semakin terasah dengan baik. “Catur itu tidak cukup hanya latihan tapi juga harus praktek dengan ikut turnamen, sehingga teknik, mental pemain semakin teruji,”tandasnya.

Pelatih Tim Catur PON Papua, Drs Ventje Ropa WN PN juga merasa bangga dengan torehan Yosefh Taher. Dan diharapkan kemampuannya terus konsisten sampai terjun pada perhelatan PON. “Target kami kan medali emas di PON, salah satunya dari Yosep Taher, jadi semoga grafiknya terus menanjak baik,”kata Ventje.

Ia juga berharap torehan Yosef Taher menjadi pemacu atau motivasi bagi atlet catur PON Papua lainnya untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam pemusatan latihan maupun turnamen yang akan diikuti selama pemusatan latihan. “Atlet lain tim catur Papua harus terpacu, dan terus mengasah kemampuan terbaiknya selama pemusatan latihan di Ciawi, apalagi kami akan selingi dengan mengikuti turnamen-turnamen resmi,”ucap Ventje.

Sementara asisten pelatih tim catur Papua, Banjir Ambarita SE, MP mengatakan, apa yang ditorehkan Yosefh Taher harus menjadi pemicu semangat maupun prestasi atlet catur lainnya yang tergabung dalam tim catur Papua. “Ya, semoga semangat teman-teman atlet lain semakin terbakar untuk terus berlatih dengan disiplin,”singkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *