Ini Pesan dan Kesan Peserta CdM Meeting II PON XX Papua

  • Whatsapp

JAYAPURA (KT) – Peserta Chef de Mission (CdM) Meeting II PON XX Papua memberi apresiasi atas kesiapan Papua menuju pelaksanaan PON XX yang akan digelar 2 -15 Oktober mendatang.

Seperti yang disampaikan Perwakilan DKI Jakarta, Chaironi. Ia optimis PON Papua sukses dan akn melahirkan melahirkan atlet nasional maupun internasional.

“CdM kali ini sukses dan diharapkan hasil yang telah dibahas dapat direalisasikan,” katanya Khaironi saat konferensi pers usai acara penutupan, Jumat malam

Edison Ardiles perwakilan Koni Sulawesi Tengah menyebut paparan panitia PON di setiap cluster sudah sangat siap, dengan harapan PON di Papua bisa berjalan baik, bahkan lebih baik di tingkat Asia.

Sementara itu Perwakilan Sumatera Utara mengaku, CdM II ini sudah lebih bagus, hanya saja yang menjadi kendala pada masalah transportasi mengingat jarak Sumatera dan Papua yang cukup jauh.

“Masalah kami yaitu perjalanan untuk bisa sampai ke cluster memakan waktu 20 jam. Sehingga kami masih pertimbangkan apakah nanti kita akan transit Jakarta, Makassar atau Bali untuk kemudian sampai di cluster,” tuturnya

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda menyebut CdM Meeting II menghasilkan beberapa catatan penting bagi Papua sebagai tuan rumah.

Menurutnya, catatan tersebut menjadi masukan bagi Papua untuk memperbaiki agar pelaksanaan PON dapat sesuai harapan semua pihak.

“Ini menjadi hal yang sangat positif bagi kami selaku tuan rumah, untuk melihat ada berbagai masukan guna menjadi koreksi kami agar lebih bagus lagi kita menyiapkan kedepan,” kata Yunus.

Yunus menyebut PB juga akan
memberikan pendelegasian kewenangan kepada Sub PB PON di empat klaster (Kota dan kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke) untuk mengurus langsung kontingen di clutser masing-masing.

“Sebab, merekalah yang menyelenggarakan, kemudian mereka juga yang akan menerima seluruh atlet dan official,
kami panitia mungkin hanya menerima disaat kedatangan saja, tetapi distribusi langsung ke kabupaten/kota. Merekalah yang menjadi tuan rumah, kemudian harga diri ada pada mereka dan harga diri PON ada pada seluruh rakyat Papua,” katanya.

Untuk ia mengajak kepada empat Sub PB PON untuk bisa bekerja lebih serius lagi di sisa waktu ini. Karena menurutnya, PON XX 2021 ini akan menunjukkan jati diri orang Papua.

“Jadi saya sangat berharap kepada seluruh Sub PB PON, untuk lebih fokus dan serius terhadap pekerjaan yang belum terselesaikan di waktu yang tersisa ini,” harap Yunus Wonda

Wakil Ketua Koni Pusat, Suwarno menyebut usai CdM Meeting II, tahap selanjutnya akan dilakukan road show ke empat klaster guna mendorong apa yang harus dilakukan di setiap klaster. (TA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *