Dalam Sehari, Generator Oxigen Hasilkan 100 Tabung 6 Kubik Oxigen

Wamena (KT) – Generator Oxigen yang didatangkan atas kerjasama beberapa donator dan telah diserahkan langsung oleh Panglima TNI kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan menghasilkan 100 Tabung 6 Kubik Oxigen untuk setiap harinya.
“Saya dapat info dari Pak Wira dari PT. Roda Mas yang menghibahkan alat ini melalui Kadin, itu 100 Tabung 6 Kubik perhari,” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, dr. Felly Sahureka, Kamis (2/9/2021) di Wamena.
Menurut dr. Felly, dengan adanya bantuan Generator Oxigen itu, tentunya akan memenuhi kebutuhan Oxigen untuk rumah sakit Wamena dan juga memenuhi kebutuhan di Wilayah Lapago.
Alat yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya merupakan wujud doa yang sudah terkabul, sehingga atas nama Pemerintah dan juga masyarakat Kabupaten Jayawijaya menyampaikan terimakasih atas bantuan Generator Oxigen.
Untuk mengoperasikan Generator Oxigen itu, dr. Felly menyebutkan, akan menggunakan tenaga yang sudah ada di RSUD Wamena, namun untuk penguasaan Generator Oxigen yang baru, PT Roda Mas telah meminta dua tenaga dari RSUD Wamena untuk mengikuti pelatihan di Jakarta.
“Dengan alat yang sudah ada saat ini, sudah bisa menghasilkan 150, Cuma alat yang sekarang kita istirahatkan, dalam arti ada Beckupan supaya alat tidak rusak,” kata dr. Felly.
Sementara itu, Kepala Kadin Provinsi Papua, Renald Antonio menyebutkan, Generator Oxigen yang yang telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya merupakan bantuan donator yang diberikan kepada Kadin Papua, selajutnya Kadin Papua bekerja sama dengan TNI, karena untuk ke Wamena harus diangkut menggunakan Pesawat Herkules.
Alatnya sendiri di datangkan dan diterbangkan dari Surabaya langsung ke Kabupaten Jayawijaya.
Menurutnya, Kadin Provinsi mendapatkan bantuan dari Kadin Pusat hanya satu Unit Generator Oxigen, sehingga hanya Kabupaten Jayawijaya yang menerima bantuan Generator tersebut, dengan pertimbangan bahwa, RSUD Wamena merupakan rumah sakit rujukan yang melayani Pasien Covid-19 dari Beberapa Kabupaten Pemekaran di Wilayah Lapago.
“Kadin Papua tetap berjuang untuk berupaya mendatangkan Oxigen Konsentraktor,” kata Kadin Papua.
Dijelaskan, Bantuan Generator yang diberikan kepada Pemerintah Jayawijaya bersumber dari kerjasama beberapa Donatur, diantaranya Sasa, Roda Mas dan kadin Indonesia yang dibantu oleh TNI, artinya bantuan Generator Oxigen merupakan bantuan bersama atau gotong royong.(NP)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *