Legislator Ingatkan PB PON Jangan Abaikan Pengusaha Asli Papua

  • Whatsapp

JAYAPURA (KT) – Anggota DPR Papua, Deki Nawipa meminta penyelenggara PON Papua untuk melibatkan pengusaha asli daerah, dalam kegiatan distribusi logistik PON XX di Provinsi Papua.

Pasalnya, hingga beberapa hari menjelang PON, PB PON terkesan hanya mengandalkan pengusaha-pengusaha besar dari luar daerah, dan justru tidak memberikan kesempatan pada pengusaha asli daerah untuk turut berpatisipasi pada even Nasional tersebut.

” Jangan karena barang ini dari luar Papua, lantas pengusaha daerah tidak dilibatkan, padahal ada banyak pengusaha-pengusaha daerah yang telah memiliki perusahaan dengan spesifikasi memadai, namun terkesan diabaikan,” jelasnya kepada Wartawan, Rabu (15/9/2021).

Apalagi kata Deki, saat ini pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah memberikan fasilitas berupa tol laut, agar pengiriman barang-barang dari luar Papua dapat dilakukan dengan harga yang sama.

“Pengusaha ekpedisi kita kan juga bisa diakomodir, tentu dengan memanfaatkan tol laut tersebut, namun justru semua logistik ini hanya diserahkan kepada pengusaha-pengusaha luar Papua,” jelasnya.

Ia menilai, jika PB PON tidak mengikut-sertakan para pengusaha daerah dalam hal ini, maka menurutnya hal tersebut sebuah kegagalan.

“Jadi memang PB PON juga harus transparan dalam hal ini, berapa pengusaha Papua yang dilibatkan? jika memang tidak ada? masalah ada dimana?,” tanya Deki.

Ia berharap, adanya keseimbangan untuk para pengusaha daerah apalagi kegiatan PON ini adalah kegiatan besar, yang tentunya banyak pekerjaan didalamnya.

“Tidak boleh ada kesan buruk ketika kegiatan ini berakhir, sebaliknya tinggalkan kesan positif bahwa dalam pelaksanaan PON pengusaha asli Papua juga turut dilibatkan dan berpatisipasi didalamnya,” katanya.

Terlepas dari itu, Deki memberikan apresiasi pelaksanaan PON. Sebagai Orang Papua, Deki mengaku bangga dan diberi kehormatan karena Pemerintah Pusat telah mempercayakan Papua sebagai tuan rumah.

“Dengan PON ini membuktikan bahwa Papua juga bisa,” katanya. (TA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *