Angkat Nilai dan Seni Musik Budaya Balim, Dispar Jayawijaya Gelar Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III

Group Band Buselek Junior Saat Tampil Pada Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III Kabupaten Jayawijaya

Wamena (KT) – Dalam rangka mengakat kembali nilai-nilai dan seni budaya yang ada di Lembah Balim khususnya bagi pemuda dan pemudi yang ada di Jayawijaya, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar kegiatan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III.

Pelaksanaan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III dilakukan, Jumat (12/11/2021) di Aula Hotel Grand Sartika Wamena, dengan tema yang diangkat ialah Balim Adalah Identitasku, Musik Adalah Rohku.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Amelek Meaga menjelaskan, kegiatan Pentas Band Persaudaraan Daerah telah dilakukan Dispar Kabupaten Jayawijaya sebanyak 3 kali, dan untuk tahun 2021 merupakan kegiatan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III.

Tujuan dari kegiatan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III, kata Amelek Meaga, untuk memunculkan kembali nilai dan seni musik dari lagu daerah Balim yang telah terkikis oleh musik-musik editan jaman sekarang.

“Dinas harapkan, ada yang bisa ciptakan lagu asli yang baik dan bisa mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia, supaya dari daerah lain mereka bisa tahu,” kata Amelek Meaga.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III Kabupaten Jayawijaya, Kelion Jikwa menyebutkan, kegiatan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III akan dilaksanakan selama satu hari.

Dalam Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III, tema yang diangkat ialah Balim Adalah Identitasku, Musik Adalah Rohku, tujuannya agar generasi muda penerus Jayawijaya tidak menghilangkan nilai dari seni lagu Balim, artinya dalam menciptakan lagu-lagu Balim, harus bisa memiiki makna yang berarti bagi orang banyak secara keseluruhan.

“Banyak anak-anak yang ciptakan lagu, tetapi makna dari lagu tidak ada isinya,” ungkap Kilion.

Sehingga, melalui Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III, setiap orang ataupun Generasi Muda yang ada di Kabupaten Jayawijaya dapat menuangkan bakatnya untuk berkreasi melalui lagu dalam upaya menyampaikan pesan-pesan sosial yang baik kepada masyarakat.

Dalam pergelaran Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III, alat music sudah disiapkan oleh Panitia, dimana peserta yang ikut meramaikan Pentas Band Persaudaraan Daerah Ke-III, sebanyak 14 Group Band Lokal yang ada di Kabupaten Jayawijaya.(NP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *