Bank Papua Launching Aplikasi Laku Pandai Bank Papua di Wamena

Lounching Aplikasi Laku Pandai Bank Papua di Lokasi Agen Papua Pandai Shikem Madu Waa, Kampung Musaima Distrik Hubikiak Kabupaten Jayawijaya

Wamena (KT) – Bank Papua melounching Aplikasi Laku Pandai Bank Papua, Jumat (19/11/2021), di Kampung Musaima Distrik Hubikiak Kabupaten Jayawijaya.

Lounching Aplikasi Laku Pandai Bank Papua itu, ditempatkan di Lokasi Agen Papua Pandai Shikem Madu Waa, yang merupakan kelompok Binaan Bank Papua Cabang Wamena.

Dalam kegiatan itu, hadir Sekda Kabupaten Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono, Direktur Utama Bank Papua, F. Zendrato, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Adolf Fictor Tunggul.S, Kepala Bank Indonesia Wilayah Papua, Naek Tigor Sinaga, serta pimpinan Bank yang ada di Jayawijaya.

Direktur Utama Bank Papua, F. Zendrato menjelaskan, Apliksi Laku Pandai Bank Papua merupakan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, yang disediakan oleh Bank Papua melalui kerjasama dengan agen-agen yang memanfaatkan fasilitas Teknologi Informasi.

Menurutnya, Agen laku pandai di Bank Papua disebut Papua Pandai, dimana mereka dapat mengakses Aplikasi dengan mendownload Aplikasi Laku Pandai dan juga melalui channel USSD terutama bagi wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet.

Dijelaskan, Layanan Laku Pandai Bank Papua telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor S-160/KO-0605/2021 tanggal 18 Juni 2021 perihal Pemberian Izin Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) atau Bank Saudara.

Dalam layanan Laku Pandai, dapat digunakan berbagai fitur menarik, diantaranya, Setor Tunai, dimana Layanan setoran tunai yang dilakukan oleh nasabah/non nasabah Bank Papua kepada Rekening Tabungan Basic Saving Account (BSA) maupun Tabungan Reguler yang dimilikinya

Selain itu, ada juga fitur Tarik Tunai, dimana Layanan tarik tunai bagi Nasabah Tabungan Basic Saving Account (BSA) Bank Papua, juga ada fitur Transfer yang menggunakan layanan transfer antar rekening Bank Papua, selain itu ada juga fitur Kirim Tunai, yang dapat memudahkan layanan pengiriman uang kepada non nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Papua

Fitur lain yang disiapkan ialah, fitur Pencairan atau layanan pencairan kiriman tunai yang dilakukan oleh non nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Papua dan juga ada fitur Pembukaan Rekening Tabungan Basic Saving Account (BSA), yang digunakan untuk pembukaan rekening Tabungan BSA bagi nasabah yang belum memiliki rekening di Bank Papua.

Menurutnya, fitur Layanan Laku Pandai akan dilengkapi dengan fasilitas Transfer Online ke Bank Lain, Pembayaran/Pembelian seperti, Telepon, Listrik, PDAM, Indihome, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Dan lain sebagainya.

Dijelaskan, untuk tahap awal pelaksanaan Launching Laku Pandai di Wamena telah dibuka 3 agen bagi nasabah binaan Bank Papua yaitu, Agen Papua Pandai Sikhem Madu Waa Waa, yang Merupakan nasabah UMKM Binaan Bank Papua Cabang Wamena yang bergerak di bidang Usaha Kecil (Budidaya Madu, Ternak Kelinci, Ternak Babi), Agen Papua Pandai UD Papuani, yang merupakan nasabah UMKM Binaan Bank Papua Cabang Wamena yang bergerak di bidang Usaha Perdagangan Sembako dan Agen Pengecer BBM Industri (Bensin, Solar, Minyak Tanah) serta Agen Papua Pandai Kios Sawi yang merupakan nasabah UMKM Binaan Bank Papua Cabang Wamena yang bergerak di bidang Usaha Perdagangan Sembako.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Adolf Fictor Tunggul.S menjelaskan, Aplikasi Laku Pandai merupakan transaksi keuangan tanpa Kantor, dimana Bank Papua langsung bekerjasama dengan agen-agen binaan Bank Papua dalam rangka mengelola kegiatan dan bisnis perbankan.

Menurutnya, untuk saat awal, masih dilakukan penempatan dana dan kemudian transfen, namun kedepannya kita harapkan dengan adanya Laku Pandai yang telah di Lounching, setiap agen yang ada dapat menyalurkan kredit-kredit.

Sehingga masyarakat dapat benar-benar merasakan kehadiran Bank Papua, dan mudah melakukan kredit dimana saja masyarakat berada, karena sudah ada agen-agen Laku pandai di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Selain itu, dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transfer dan juga dapat menyimpan uang dengan mudah dan aman, tanpa harus pergi ke Bank.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Bank Papua yang terus membenah diri dan memperbaharui diri melalui peningkatan dan kemudahan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada di Papua khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan Wilayah Lapago.

Sekda menyebutkan, kemudahan melalui aplikasi Laku Pandai Bank Papua yang telah dilounching di Wamena Kabupaten Jayawijaya dapat memberikan dampak baik bagi kehadiran Bank Papua di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Jayawijaya.

Diakui Sekda, kesulitan yang saat ini dialami di Jayawijaya dan daerah pegunungan tengah pada umumnya ialah masalah jaringan Internet, namun hal itu tidak memutuskan semangat pemerintah untuk tetap berupaya memberikan yang terbaik.

Harapan Pemerintah Jayawijaya, kehadiran Bank Papua dengan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, dapat meningkatkan animo masyarakat untuk meningkatkan taraf perekonomiannnya masing-masing.

Tujuannya agar, kehadiran dan manfaat aplikasi yang diberikan Bank Papua, benar-benar dirasakan kemudahannya oleh masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Lapago.(NP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *