PAPEDA Nilai Cuitan Natalius Pigai Reaktif dan Sudutkan Polda Papua

  • Whatsapp
PAPEDA Nilai Cuitan Natalius Pigai Reaktif dan Sudutkan Polda Papua

JAYAPURA (KT) – Ketua Umum Aliansi Papua Peduli Damai (PAPEDA), Yulianus Dwaa menilai pernyataan Natalius Pigai terkesan reaktif dan menyudutkan Polda Papua selaku institusi keamanan.

Hal ini, terkait dengan cuitan twitter Natalius Pigai yang menyebut Aparat Keamanan Polda Papua brigas saat pengamanan Demo menolak Otsus dan pemekaran oleh Rakyat pada Selasa 10 Mei.

Menurut Yulianus Dwaa, Polda Papua telah bekerja maksimal sebagaimana tugas dan fungsinya. Apalagi Papua punya pengalaman pahit saat demo rasis tahun 2019 lalu dan kasus Uncen berdarah pada 2016 lalu.

“Hemat kami, Jika aksi demo yang dilakukan itu murni dari Rakyat dan mahasiswa menjadi mediator, seharusnya dilakukan diplomasi yang baik dengan pihak-pihak terkait agar tidak terjadi benturan dilapangan,” katanya.

Terkait dengan penyampaian aspirasi penolakan DOB, kata Yulianus, akan lebih elegan jika adik-adik Mahasiswa & Masyarakat Papua menggunakan cara yang lebih elegan.

“Ada banyak cara menyampaian aspirasi dengan cara elegan, agar tidak ada kesan memaksakan kehedak,” kata Yulianus.

Disisi lain, Yulianus memberi apresiasi kepada Kapolda Papua yang dinilai telah berhasil menggawal Kamtibmas di Papua umumnya dan Kota Jayapura pada khususnya.

“Suksesi beberapa even di Papua sukses, salah satunya saat perhelatan PON dan semua itu tidak lepas dari pendekatan Kapolda dengan semua pihak,” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Aliansi PAPEDA menghimbau semua pihak terutama Orang Asli Papua (OAP) agar konsisten dan jangan terkontaminasi dengan adu-domba soal Isu DOB. Sebab hal tersebut, justru akan membuka ruang dari pihak lain untuk merusak kedamaian di Tanah Papua.

“Kami juga berharap Elit Nasional & Daerah agar lebih menjaga situasi yang kondusif di Tanah Papua, Pemerintah Pusat juga harus bersikap jelas soal DOB dan konsisten dengan pelaksanaan amanat UU Otsus Papua,” kata Dwa. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *