Rekapitulasi KPU Mimika Diwarnai Aksi Massa Anarkis

Jayapura, (KT) – Aparat keamanan telah berhasil membubarkan massa yang melakukan aksi anarkis di Gedung Emeneme Yaware, Kabupaten Mimika, pada tanggal 8 Maret. Kejadian tersebut dikonfirmasi oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, S.H., S.I.K., M.H melalui telepon seluler.

“’Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIT, ketika sekitar 70 orang massa melakukan aksi anarkis dengan melempari batu dan menerobos pintu gerbang Gedung Emeneme Yaware. Aparat keamanan dengan sigap merespons situasi tersebut dan berhasil menghentikan aksi massa setelah setengah jam berlalu,” ucapnya.

Ia melanjutkan, dalam aksinya, massa terlihat merusak pintu gedung untuk dapat masuk ke dalam. Aksi anarkis ini diduga dipicu oleh ketidakpuasan massa yang kemungkinan berasal dari salah satu Calon Legislatif (Caleg) terkait proses rekapitulasi penghitungan suara pada pleno tingkat kabupaten.

“Saat ini, massa telah membubarkan diri, dan aparat keamanan terus berjaga serta berpatroli di titik-titik rawan untuk mencegah kemungkinan terjadinya aksi serupa di tempat lain,” ujarnya.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, mengharapkan agar situasi ini dapat diselesaikan melalui pembicaraan, sehingga tidak terulang lagi aksi-aksi yang dapat mengganggu proses pemilihan umum yang sedang berlangsung. Upaya menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi menjadi fokus utama aparat keamanan di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *