NABIRE, (KT) – Pemerintah Provinsi Papua Tengah melalui Biro Barang dan Jasa (Barjas) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) di Aula RRI, Nabire, pada Senin (24/6/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik di lingkungan pemerintah provinsi.
Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Papua Tengah, Zakharias F Marey, yang mewakili Pj Gubernur Papua Tengah dalam membuka acara, menegaskan pentingnya pelaksanaan Bimtek SPSE ini. “Pelaksanaan Bimtek SPSE ini merupakan kebutuhan penting bagi ASN, khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah, guna memperbaharui sekaligus meningkatkan kompetensi diri dalam hal pengadaan barang dan jasa secara elektronik,” ungkapnya.
Zakharias menjelaskan bahwa SPSE sangat vital bagi pemerintah daerah mengingat semua proses pengadaan barang dan jasa di pemerintahan sekarang wajib dilakukan secara elektronik. “Sehingga demi kelancaran aktivitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Tengah sehari-hari, maka seluruh ASN dituntut untuk dapat memahami proses SPSE ini,” tegasnya.
Lebih lanjut, Zakharias menuturkan bahwa penggunaan SPSE bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan cara mempercepat proses pengadaan. “Mulai dari tahap perencanaan pengadaan sampai dengan pelaksanaan kontrak dapat terakses dan terlaksana secara transparan dan akuntabel. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Papua Tengah dalam melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa yang berintegritas,” jelasnya.
Ia juga menitipkan pesan kepada seluruh peserta untuk serius dan aktif dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini sampai selesai, sehingga mereka dapat menjadi garda terdepan sekaligus pengarah bagi ASN lainnya di perangkat daerah masing-masing dalam menciptakan insan-insan pengadaan yang berkualitas dan berintegritas.
“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Bimtek SPSE hari ini. Kami berharap agar hasil dari Bimtek SPSE kali ini dapat menciptakan proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah berjalan dengan lancar, sesuai dengan jadwal, terukur, dan berkualitas,” tutup Zakharias.
Bimtek SPSE ini dihadiri oleh sejumlah ASN dari berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah. Dengan pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta dapat menguasai aplikasi SPSE dan menerapkannya dalam tugas sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan kinerja serta akuntabilitas di bidang pengadaan barang dan jasa.
Melalui kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Papua Tengah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kompetensi ASN serta mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam proses pengadaan barang dan jasa. Harapannya, implementasi SPSE yang efektif dapat mempercepat pembangunan dan pelayanan publik di Papua Tengah.