Bawaslu Masih Tunggu Jadwal Pungut Hitung Pilkada Boven Digoel

Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoach

JAYAPURA (KT) – Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoac menyebut masih menunggu hasil pleno KPU, berkaitan dengan jadwal pungut hitung Pilkada Kabupaten Boven Digoel.

Sebab, kata Ronald, untuk penentuanjadwal pemungutan suara, leading sectornya itu dari KPU, yang nantinya berkoordinasi dengan Pemda berkaitan syarat hari libur atau hari yang diliburkan.

“Jadi memang harus ada koordinasi antara KPU, Pemda, Bawaslu dan Keamanan untuk kemudian memutuskan kapan pelaksanaan pungut hitungnya,” katanya.

Ronald menyarankan KPU agar jadwal pungut hitungnya dapat dilakukan secepatnya, agar prosesnya dapat jalan bersamaan dengan tahapan Pilkada 10 Kabupaten lainnya di Papua.

“Agar semua selesai, dan energi kita di Papua untuk Pilkada bisa tuntas bersamaan,” katanya.

Disamping itu, Kata Ronald, Bawaslu Papua juga telah menerima tindak lanjut KPU atas
putusan Bawaslu Kabupaten Boven Digoel terhadap sengketa Pilkada yang dimohonkan pasangan Yusak Yaluwo – Yacob Waremba.

Kata Ronald, berdasarkan laporan yang diterima Bawaslu Papua, KPU RI telah membatalkan SK Nomor 584 yang selajutnya oleh KPU Papua selaku KPU Boven Digoel telah melakukan pleno dan menetapkan Yusak Yaluwo – Yacob Waremba sebagai peserta Pemilukada Kabupaten Boven Digoel.

“Jadi dari laporan Bawaslu, sudah ada tindak lanjut dari hasil Putusan Bawaslu,” kata Ronald.

Informasi yang dihimpung Kawat Timur,
Jumat (11/12/2020), KPU Provinsi Papua selaku KPU Boven Digoel telah menggelar pleno dan mengeluarkan keputusan nomor 34/PL.02.3-Kpt/9116/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan pasangan calon Yusak Yaluwo – Yacob Waremba sebagai peserta Pemilukada Kabupaten Boven Digoel.

Keputusan KPU Papua selaku KPU Boven Digoel ini dilakukan setelah menerima Surat Keputusan KPU RI Nomor 620/PL.02.2-Kpt/06/KPU/XII/2020 per 10 Desember 2020 tentang tentang pencabutan Keputusan KPU KPU RI nomor 584/PL.02.2-Kpt/06/KPU/XI/2020 per 28 November tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilu Kabupaten Boven Digoel tahun 2020. (TA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *