Puluhan Rumah dan Kios Milik Warga Kembali Terendam Air

  • Whatsapp
Nampak Saat Air Menggenangi Rumah Warga dan Usai Banjir Dan Upaya Pembersihan

Wamena (KT) – Hujan besar yang mengguyur kota Wamena Kabupaten Jayawijaya sejak jam 12 Malam Waktu Wamena, membuat banjir besar yang menyebabkan puluhan rumah warga dan juga kios yang ada di Wilayah Distrik Hubikiak terendam Air.

Salah seorang warga yang terdampak dan rumahnya juga ikut terendam air, Yaberius Kogoya menjelaskan, kejadian banjir akibat hujan besar di Wamena terjadi pada jam 12 malam, dimana hamper seluruh warga sudah tertidur.

Read More

Puluhan Rumah dan Kios Milik Warga Kembali Terendam Air

Diakui Yaberius, banjir yang menerpa perumahan warga di Jalan SD Percobaan tepatnya Wilayah Distrik Hubikiak dikarenakan luapan Kali Hetuma.
Meluapnya air hingga sampai ke dalam perumahan warga dikarenakan jalan jalur air yang menyempit dibagian atas dan juga dibagian tengah perumahan warga, sehingga membuat air tidak bisa mengalir dengan lancar, akhirnya terdampak kepada rumah warga termasuk kios yang ada di sekitar daerah banjir.
Diakuinya, ketinggian air pada saat banjir mencapai setinggi Paha orang dewasa, dimana sejumlah rumah dan juga badan jalan utama SD percobaan ikut terendam air.

Pada saat kejadian, kata Yaberius, hanya ada petugas Basarnas Kabupaten Jayawijaya yang melakukan patrol bersama warga setempat, sedangkan hingga pukul 8 pagi, belum ada salah satu perwakilan dari pihak pemerintah yang turun ke tempat kejadian.

Namun harapannya, Pemerintah segera turun dan melihat loksi banjir tersebut, dan segera mengambil langkah dengan membuat normalisasi kali, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi banjir.

Sementara itu, salah satu ibu rumah tangga yang rumahnya ikut terendam banjir, Ibu Since Asso mengakui, dirinya kaget ketika banjir merendam di dalam rumahnya.

Saat terbangun dari banjir, ketinggian air sudah mencapai batas lututnya, sehingga tindakan yang diambil ialah membangunkan keluarganya untuk segera mengeluarkan barang-barang dan menempatkan pada tempat yang lebih tinggi, agar tidak basah terendam air.

Diakui, banjir yang merendam rumahnya, membuat sejumah barang terendam dan basah, diantaranya, kasur, sepatu serta barang lainnya.
Saat media ini di lapangan, beberapa rumah warga dan kios terendam air, sehingga warga harus megeluarkan barangnya dari rumahnya untuk mengeringkan dalam rumah yang digenangi air.

Saat berita ini di turunkan, belum ada konfirmasi dari pihak pemerintah Kabupaten Jayawijaya, karena hingga pukul 08.00 Pagi Waktu Wamena, hanya warga masyarakat yang melakukan pembersihan di halaman rumahnya yang terdampak banjir.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *