Harga Tomat di Jayawijaya Naik

Mama Pedagang Asli Papua Penjual Tomat dan Rica di Pasar Jibama Wamena

Wamena (KT) – Harga bahan pokok kebutuhan bumbu dapur khususnya tomat di Kabupaten Jayawijaya mengalami kenaikan.
Sebelumnya, kenaikan harga sempat terjadi khususnya pada bahan pokok bumbu dapur Rica keriting lokal, namun sekarang sudah kembali normal karena stok dan ketersediaan di pasar Wamena cukup banyak.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayawijaya, Lukas Kosay, Jumat (8/7/2022) menjelaskan, harga kebutuhan pokok bumbu dapur khususnya tomat mengalami kenaikan harga, dari harga sebelumnya 30 ribu perkilogram menjadi 40 ribu perkilogram.

Kenaikan harga Tomat yang Fluktuasi atau naik-turunnya harga diakibatkan keterbatasan tomat lokal di Kabupaten Jayawijaya akibat daerah dan struktur tanah di Jayawijaya banyak mengandung air, serta kurangnya perawatan kebun dari petani tomat,
Hal ini yang membuat adanya kekosongan tomat lokal di Pasar Wamena, sehingga terjadi kenaikan harga karena harus didatangkan dari Jayapura.

“Saat ini tomat yang jenisnya berbentuk telur, itu yang agak sedikit fluktuasi terjadi karena kita datangkan dari Jayapura,” ungkap Kepada Disnakerindag Jayawijaya.

Selain itu, akibat perubahan cuaca dari Jayapura ke Wamena, mengakibatkan banyak tomat yang dari Jayapura mengalami pembusukan, sehingga hal tersebut membuat kenaikan harga tomat di Pasar Wamena.

Kepala Disnakerindag menyebutkan, ketersediaan Tomat bagi Konsumen di Wilayah Kabupaten Jayawijaya cukup dan tersedia.(NP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *