Pemda LJ Kirim 11 Tenaga Medis ke Lokasi Bencana Hujan ES

  • Whatsapp
PJ Bupati Kabupaten Lanny Jaya Bersama Forkopimda dan BNPB Saat Jumpa Pers di Wamena

Wamena (KT) – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya telah mengirim 11 Tenaga Medis ke Lokasi Bencana Hujan Es di Wilayah Distrik Kuyawagi Kabupaten Lanny Jaya.

“Hari ini kami kirim 11 Tenaga Medis Dokter 1 dan perawat, khusus untuk anak-anak sementara dokter anak belum, tetapi obat-obatan dengan tenaga Medis termasuk logistic,” ungkap Penjabat Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa.

Read More

Menurut Petrus Wakerkwa, di Lokasi Bencana Hujan ES ada Puskesmas dan petugas kesehatan, dan kalaupun kurang, telah diatur untuk roling tenaga Medis dan dokter.

Petrus Wakerkwa menjelaskan, kejadian Bencana Hujan Es di Wilayah Distrik Kuyawage terjadi pada awal bulan Juni Tahun 2022, dan baru diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya pada Bulan Juli tepatnya tanggal 22 Juli Tahun 2022.

“Pada awalnya ada tanda-tanda, tetapi masyarakat di sana diamati, sehingga ada masyarakat di sekitar situ keluar dan ada hawa yang tidak enak dan lihat daun-daun sudah kering semua,” kata Petrus Wakerkwa.

Setelah satu bulan kejadian dan mendengar berita itu, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya langsung mengambil langkah pendistribusian logistic bahan makanan ke Lokasi Bencana.

Setelah itu, Pemkab Lanny Jaya juga telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI, berupa beras dan juga Sembako, sehingga pada tanggal 1 Agustus Taun 2022, Logistik bantuan yang diberikan telah diantara langsung ke lokasi Bencana Hujan Es.

Kata Pj Bupati Lanny Jaya, sesuai data yang didapat dari lapangan, ada 548 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana dari 4 Kampung, sedangkan yang terdampak dan sedang sakit akibat Bencana Hujan Es ada 61 orang.

Direktur Fasilitasi Penanganan Korban Pengungsi Kedeputian Kedaruratan BNPB, Yusrizal menyebutkan, berdasarkan dampak yang terjadi dan juga pengalaman sebelumnya bisa memakan waktu selama 5 bulan, sehingga untuk kedepannya antisipasi akan dilakukan sejak bulan Agustus hingga September 2022.

Tentunya, untuk mengantisipasi itu, BNBP akan mendukung degan suplai Logistik dan juga bahan makanan ke Lokasi Bencana, terutama tim Medis untuk selalu siaga di lokasi.

“Intinya Pemerintah Pusat akan mendukung segala Upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten,” ungkap Yusrizal.

Sampai Saat ini, Status Bencana Hujan Es di Wilayah Distrik Kuyawage belum dinaikan statusnya, karena masih dapat diatasi dan ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya karena masih berstatus Level tanggap darurat Kabupaten.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan BPBD Provinsi Papua, A.G. Singgamui menyebutkan, pada dasarnya BPBD Provinsi siap membackup upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, terutama dalam upaya penanganan Bencana Hujan Es di Wilayah Distrik Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *