Pemkab Jayawijaya Bangun RS Pratama di Asologaima

  • Whatsapp

Wamena (KT) – Mulai minggu depan, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan memulai pekerjaaan tahapan pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di Distrik Asologaima Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si menjelaskan, lokasi pembangunan RS Pratama sudah tidak bermasalah, karena pemilik hak ulayat sudah menyerahkan untuk pembangunan RS Pratama, dan sudah dilakukan pengukuran oleh petugas yang akan mengerjakan tahapan pembangunan RS Pratama.

“Tadi sudah kita ukur, jadi mungkin dalam satu dua hari ini karena kita sudah lelang, mungkin akan konsultan dan kontraktor masuk untuk kerja karena lokasi yang ditunjuk hari ini sudah tidak ada masalah, yang kita lagi ukur sekarang,” ungkap Bupati Kabupaten Jayawijaya, Senin (11/8/2022), saat meninjau lokasi pembangunan RS Pratama di Distrik Asologaima Kabupaten Jayawijaya.

Bupati menyebutkan, setelah dilakukan pengukuran, maka dalam waktu minggu depan proses pengerjaan pembangunan RS Pratama sudah dilakukan, dimana untuk jangka waktunya telah disesuaikan dengan jangka waktu yang ada dalam nilai kontrak.

Tentunya, dalam berjalannya proses pembangunan di Lokasi, akan melibatkan masyarakat setempat, dan nantinya jika sudah beroperasi, maka ada keterlibatan langsung anak-anak asli dari Distrik Asologaima dan Distrik yang terdekat dengan RS Pratama untuk bisa ikut dan bekerja di RS Pratama, seperti menjadi cleaning servis, tenaga honor.

Apalagi kalau ada penerimaan pegawai, maka akan diutamakan anak-anak Asli yang ada di lokasi RS Pratama, sehingga tidak perlu mendatangkan tenaga kerja dari jauh-jauh, terkecuali tenaga-tenaga profesi.
Tujuan pembangunan RS Pratama, Bupati menyebutkan, untuk memberikan dan mendekatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat yang ada di Distrik Asologaima dan beberapa Distrik terdekat seperti Distrik, Wame, Distrik Silokarno Doga, Distrik Pyramid, dan Distrik Muliama.

“Beberapa distrik nantinya sangat terbantu bagi beberapa distrik yang ada di sini apabila susah ke wamena agak jauh, mereka harus cari rumah sakit terdekat, ini akan menjadi rumah sakit penyanggah di asologaima, Wame sampai dengan Pyramid, Bolakme, termasuk Muliama,” ungkap Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Sedangkan untuk tenaga Medis yang nantinya akan bekerja di RS Pratama, Bupati menjelaskan, karena RS Pratama ada dan menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, maka secara langsung pemerintah akan menambah tenaga medis dan juga tenaga administrasi.

Sementara itu, Pemilik Hak Ulayat Lokasi Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama, Tulius Walela menyambut baik program pembangunan yang diberikan pemerintah kepada Masyarakat yang ada Wilayah Distrik Asologaima.

Menurutnya, pembangunan rumah sakit di Distrik Asologaima sangat baik manfaatnya bagi masyarakat yang ada di Distrik Asologaima, karena dengan adanya RS Pratama di Distrik Asologaima, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk pergi ke RS di kota Wamena.

Selain itu, keberadaan RS Pratama di Distrik Asologaima, dapat membuka lapangan kerja bagi generasi muda Asologaima dan Distrik di sekitarnya, sehingga harapannya kepada pemerintah Jayawijaya, untuk dapat melibatkan anak-anak asli dalam setiap kontrak pekerjaan pembangunan dan dapat memberikan peluang bagi anak-anak asli untuk bekerja di RS Pratama, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Distrik Asologaima.(NP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *