Hasil Rapat Forkompinda, Wakil Bupati : Kamtibmas di Yahukimo Tanggung Jawab Bersama

Pemerintah Kabupaten Yahukimo meminta masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Yahukimo. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram saat Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Kabupaten Yahukimo bersama para pimpinan gereja, perwakilan kepala suku, paguyuban dan kelompok masyarakat setempat, Senin (13/3/2022).

YAHUKIMO (KT) – Pemerintah Kabupaten Yahukimo meminta masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Yahukimo. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram saat Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Kabupaten Yahukimo bersama para pimpinan gereja, perwakilan kepala suku, paguyuban dan kelompok masyarakat setempat, Senin (13/3/2022).

Wabup Esau mengaku dalam dua pekan terakhir situasi kamtibmas di Kabupaten Yahukimo terbilang tidak kondusif pasca teror KKB hingga menyebabkan korban meninggal hingga penembakan pesawat Trigana akhir pekan lalu.

Untuk itu, kata Esau, Pemerintah berharap semua pihak dapat berperan aktif dan bertanggung jawab dalam hal memberikan keamanan dan menjaga ketertiban umum di Kabupaten Yahukimo.

“Persoalan Kamtibmas ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak keamanan saja, namun semua pihak baik itu masyarakat, gereja, paguyuban juga wajib berperan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Yahukimo khususnya di Kota Dekai,” kata Wakil Bupati Esau.

Pemerintah juga meminta kerjasama masyarakat untuk lebih proaktif memberikan informasi dan laporan kepada pihak keamanan jika mendapati kondisi atau situasi yang mencurigkan. ” Contohnya jika ada orang asing yang gerak-geriknya mencurigakan bisa dilaporkan, sebab ini demi kenyamaan kita bersama,” kata Wakil Bupati.

Dalam rapat yang juga dihadiri Ketua DPRD Yahukimo, Kapolres Yahukimo dan Pejabat Dandim Yahukimo ini juga membahas tentang beberapa kejadian pengrebekan yang dilakukan aparat beberapa waktu terakhir, dimana masyarakat merasa ketakutan dan dicurigai.

Oleh Kapolres AKBP Arif Kristanto mengaku bahwasanya pelaksanaan penggrebekan tersebut tentunya dilakukan sesuai protap dengan alasan keamanan. ” Yang pasti ada alasan kenapa sampai dilakukan pengrebekan, intinya kehadiran Kepolisian dan TNI di Yahukimo untuk memberikan rasa aman dan damai,” kata Kapolres Arif. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *