Dua Distrik di Yahukimo Berstatus Tanggap Darurat, Ini Langkah Pemerintah Daerah

Dua Distrik di Yahukimo Berstatus Tanggap Darurat, Ini Langkah Pemerintah Daerah

YAHUKIMO (KT) – Dua distrik di Kabupaten Yahukimo ditetapkan dalam status tanggap darurat, masing-masing Distrik Anggruk dan Distrik Panggema, yang mengalami bencana longsor pada akhir September dan awal Oktober lalu.

Dua Distrik di Yahukimo Berstatus Tanggap Darurat, Ini Langkah Pemerintah Daerah

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli mengatakan terkait bencana di dua distrik tersebut, pemerintah daerah telah melaporkan situasi dan dampak bencana kepada Pemerintah Pusat melalui rapat koordinasi dengan Kementrian yang dikoordinir oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Dijelaskan Bupati, untuk Distrik Anggruk pemerintah daerah telah mengambil langkah awal dengan mengirimkan bantuan bahan makanan dan bangunan untuk masyarakat yang terdampak bencana.

” Untuk Anggruk ada 36 kepala keluarga yang mengungsi karena rumahnya terancam, kita sudah kirim bantuan bahan bangunan agar masyarakat dapat membangun rumahnya kembali,” kata Bupati.

Selain itu, akibat bencana longsor yang terjadi, Bupati mengaku terdapat 38 kebun milik warga rusak, 10 kepala keluarga kehilangan 46 ternak ayam dan 42 ekor babi

Sementara untuk Distrik Panggema, kata Bupati, lapangan terbang tertimbun tanah karena longsor dan beberapa rumah guru juga terkena imbas bencana.

“Untuk Panggema kita sudah lakukan langkah awal, dimana masyarakat secara swadaya telah diperbaiki dan melakukan reskonstruksi ringan untuk rumah guru dan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati berharap terkait kondisi akibat dampak bencana di dua distrik tersebut, mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, khususnya dukungan untuk perbaikan rumah warga yang terdampak bencana. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *