Pemda Yahukimo Gelar Musrembang RKPD Tahun 2023

Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Yahukimo tahun 2023, Selasa (5/4/2022).

YAHUKIMO (KT) – Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Yahukimo tahun 2023, Selasa (5/4/2022).

Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli mengatakan Musrembang RKPD dimaksudkan untuk memperoleh arahan, saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Yahukimo di Tahun 2023, dengan harapan setiap perencanaan, penganggaran dan kegiatan evaluasi ini dapat menjadi siklus yang sehat dalam rangka peredaran dana Otsus maupun dana-dana lain yang masuk di deerah ini.

Foto bersama usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Yahukimo tahun 2023, Selasa (5/4/2022).

“Jadi setelah kita berhasil menetapkan RPJMD menjadi Perda, hari ini kita mendapat kunjungan dari Bappeda Provinsi Papua untuk memberikan kesempatan untuk bagaimana RPJMD itu dirincinkan dalam RKPD yang akan kita laksankaan di tahun 2023,” kata Didimus.

Tentunya, dengan musrembang semua program yang telah rencanakan Pemerintah Yahukimo dtersinkron dan dapat terealiasasi dengan baik, terutama tiga program unggulan Yahukimo Cerdas, Sehat dan Mandiri menjadi program primadona kami selama masa kepemimpinan Didimus – Esau.

Sedikit disampaikan bahwa progres mempanguna Kabupaten Yahukimo melalui visi misi Yahukimo Cerdas, Yahukimo Sehat dan Yahukimo Mandiri terus bergerak maju, dengan pencapaian yang sangat luar biasa dalam triwulan pertama.

Ia memaparkan dari program Yahukimo Cerdas, Pemerintah telah mengirim tenaga pengajar di 13 distrik ditambah beberapa program Papua Harapan dan Lentera.

“Kita sudah punya sekolah ungggulan di 15 Distrik, estimasinya pada titik tertentu akan hadir anak-anak Yahukimo Cerdas dari gunung. Program ini tak hanya sebatas tenaga pendidik saja, namun disertai fasilitas bagi rumah dinas, listrik,Internet, sandang dan juga pangan,” kata Didimus

Lanjutnya, Program Yahukimo sehat, kata Didimus, Pemerintah juga telah dilakukan pengiriman tenaga medis kontrak untk 15 puskesmas. Tujuan utamanya adalah meningkatkan angka kelahiran dan menekan angka kematian. “Jadi dua sektor ini sudah berjalan dan sudah melampau target,” katanya

Selanjutnya untuk Yahukimo Mandiri, Didimus menjelaskan, pemerintah telah membuka sejumlah lahan pertanian dan persawahan seluas 200 hektar.

“Luas lahan ini akan terus dikembangkan dengan target Yahukimo akan menjadi lumbung pangan besar yang nantinya akan kita distribusikan di wilayah pegunungan tengah,” jelasnya.

Kemudian dalam sektor perkebunan terhadap potensi Kopi dari beberapa Distrik yang akan kami kembangkan agar mendapat nilai jual tinggi dan tentunya hasil tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat.

Perdagangan juga menjadi sasaran Pemerintah untuk Sektor Unggulan dan yang sangat siap ketika persetujuan BUMD dalam sektor Aviasi dengan memanfaatkan putra-putri daerah untuk melakukan penerbangan perintis didaerah ini dan proteksi apa yang pemerintah keluarkan dan hasilkan sehingga dapat menunjukkan angka pendapatan asli daerah.

“Sehingga Yahukimo tak hanya menjadi daerah yang sehat, namun juga dapat berkontribusi untuk Papua kedepannya,” jelas Didimus.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Wakil Bupati, Esau Miram, Pewakilan Bapeda Provinsi Papua, Jull Edy Way , Pj Sekda Yahukimo, Aaron Wanimo, para asisten, Dandim 1705/Yahukimo dan jajaran kepala OPD di lingkup pemkab Yahukimo. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *