13 Suku di Korowai Batu Nyatakan Diri Masuk Wilayah Pemerintah Kabupaten Yahukimo

  • Whatsapp
13 Suku di Korowai Batu Nyatakan Diri Masuk Wilayah Pemerintah Kabupaten Yahukimo

YAHUKIMO (KT) – Ratusan masyarakat yang tergabung dalam 13 suku di wilayah Korowai Kabupaten Yakimo bersepakat dan menyatakan sikap masuk dalam wilayah pemekaran Distrik Korowai Batu.

Pernyataan sikap tersebut, menyusul telah diturunkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Yahukimo tentang Pembentukan Pemekaran Persiapan Distrik Korowai Batu dengan Penjabat Kepala Distrik Alex Pahabol, SE.

Read More

13 Suku di Korowai Batu Nyatakan Diri Masuk Wilayah Pemerintah Kabupaten Yahukimo

Adapun SK Bupati Yahukimo tentang pembentukan distrik persiapan Korowai Batu tersebut, diantar langsung Kepala Tata Pemerintahan Kabupaten Yahukimo Simon Saning SE. M.AP dan diserahkan langsung didepan masyarakat Korowai.

“Saya hadir disini mewakili Bupati Yahukimo untuk menyerakan SK kepada kepala distrik , agar distrik korowai batu dapat bisa di proses menjadi satu daerah administrasi baru dalam wilayah Pemerintah Kabupaten Yahukimo,” kata Simon Saning didepan ratusan masyakata Korowai

Pemerintah Yahukimo berharap, proses persiapan Distrik Korowai Batu dapat berjalan baik dengan tetap mengedepankan napas Otonomi Khusus (Otsus).

“Jadi dalam prosesnya ini, jika masyarakat tidak keberatan dengan penambahan satu distrik maka pemerintah akan melakukan proses lebih lanjut,” jelas Simon.

Ditempat yang sama, Yason Heluka selaku Ketua Tim Pemekaran Distrik Korowai Batu menyebut usulan pemekaran distrik tersebut, merupakan aspirasi murni dari masyarakat, pemuda serta para tokoh gereja yang ada di wilayah Korowai Batu.

Menurutnya, masyarakat yang mendiami Korowai selama 20 tahun mengalami ketidak-jelasan dan bahkan tidak pernah mendapat sentuhan tangan dari pemerintah.

“Selama ini kami tidak ada kejelasan, ada yang bilang Korowai masuk di Pegunungan Bintang, ada yang bilang Asmat, ada juga yang bilang Bilang Yahukimo. Sehingga hari ini, dengan respon cepat dari Pemerintah Yahukimo, maka kami nyatakan kami masyarakat Korowai Batu adalah bagian dari Pemerintah Yahukimo,” katanya.

“Kami sangat berterima-kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menerima aspirasi kami, tentunya semua ini tidak lepas dari kerjasama tim yang telah berjuang hingga akhirnya aspirasi kami dapat dijawab oleh Pemerintah Yahukimo dibawah kepemimpinan Pak Bupati Didimus Yahuli dan Waki Bupati Esau Miram,” katanya.

Ia juga berharap dengan adanya kejelasan dari pemerintah Yahukimo, maka untuk kedepannya masyarakat menginginkan adanya seperti kantor distrik, gereja serta infrastruktur jalan.

Kunjungan Pemerintah Yahukimo di wilayah Korowai diakhiri dengan penyerahan bantuan untuk pembangunan Gedung Gereja Jemaat Antiokia. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *