Pencapaian Satu Tahun Kepemimpinan Didimus – Esau Memimpin Yahukimo

  • Whatsapp
Penyerahan Bingkisan Perjalanan Satu Tahun Kepemimpinan Didimus - Esau oleh Ketua DPRD Kabupaten Yahukimo, Yosias Mirin (Foto : Titie/KT)

YAHUKIMO (KT) – Peringatan satu tahun kepemimpinan Didimus Yahuli, SH – Esau Miram, S.Ip dikemas dalam acara syukuran oleh pemerintah Kabupaten Yahukimo, Jumat (6/5/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung dihalaman rumah dinas Bupati tersebut berlangsung sangat hikmat dengan didahului ibadah dan puji-pujian.

Read More

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah dan DPRD Kabupaten Yahukimo memberikan apresiasi kepada Didimus – Esau terhadap hasil yang telah dicapai dalam satu tahun kepemimpinan.

Pencapaian Satu Tahun Kepemimpinan Didimus – Esau Memimpin Yahukimo

Apresiasi itu diwujudkan melalui album kolase perjalanan satu tahun memimpin Yahukimo yang diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Yahukimo, Yosias Mirin

” Segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Yahukimo menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada saudara bupati dan wakil bupati yahukimo beserta seluruh jajaran pemerintahan, dimana dalam masa transisi kepemimpinan, pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati telah melakukan berbagai trobosan – trobosan sehingga arah dan tujuan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yahukimo seta pembinaan kemasyarakatan sudah sangat jelas, untuk menuju Yahukimo Cerdas, Yahukimo Sehat dan Yahukimo Mandiri,” kata Yosias Mirin sembari menyerahkan bingkisan kepada Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli.

Sementara Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli pada kesempatan tersebut menjabarkan tentang pencapaian yang telah dilakukan dalam satu tahun kepemimpinannya.

Dijelaskan dari program utama Yahukimo Sehat, pihaknya telah melakukan sejumlah pencapaian dalam bidang kesehatan, dimana saat ini Dinas Kesehatan telah mengirimkan tenaga kesehatan kontrak di sejumlah distrik.

“Saat ini Pemerintah masih gunakan sistem kontrak per tahun, untuk kedepan kita akan terapkan kontrak 5 tahun, Jadi yang siap masuk, dan yang tidak siap tidak usah, karena pedalaman itu berat, mereka akan melayani diseluruh distrik,” katanya.
Selain itu, melihat situasi dan kondisi khususnya di Kota Dekai, dari pengamatannya jumlah sirine ambulans mulai menunjukkan penurunan yang sangat drastis.

“Sirine yang biasanya ribut di Jalan utama sudah mulai berkurang, artinya angka kematian mulai menurun, angka kesehatan mulai meningkat, angka kesehatan bertambah dan pelayanan kesehatan meningkat. Ini adalah indikator, jadi kita terus menekan jumlah kematian dan saya terus mengontrol ini,” katanya.

Disisi lain, Didimus mengaku Dinas Kesehatan saat ini tengah mempersiapkan peningkatan RSUD Dekai dari Tipe D menuju ke Tipe C, dimana pemerintah telah merencanakan akan membangun satu rumah sakit berkonsep lingkungan dan nantinya rumah sakit atau Sub Regional di wilayah Pegunungan Tengah.

“Saat ini kita telah memiliki 4 dokter spesialis, berikutnya akan ada banyak peningkatan yang akan kita lakukan agar kedepan RS kita akan menjadi rumah sakit rujukan untuk wilayah Pegunungan Tengah setelah RSUD Wamena,” jelas Didimus.

Dalam bidang kesehatan, pemerintah telah mengontrak guru untuk melayani dan mengajarkan anak-anak Yahukimo dengan tugas pelayanan selama 5 tahun.

“Tahun ini kita akan dapat 100 guru, mereka telah ditempatkan di 15 distrik dan akan terus berkembang hingga ke 51 kecamatan di Yahukimo. Konsep pendidikan kita adalah memiliki satu sekolah unggulan disetiap Distrik,” katanya.

Disisi lain, Pemerintah juga telah membuka satu sekolah unggulan di Dekai dengan nama Sekolah Anggenfano yang merupakan anak kandung dari salah satu sekolah di Bokondini.

“Jadi kalau tuhan ijinkan, disuatu masa entah siapapun pemimpinnya kita akan punya satu universitas di Kabupaten Yahukimo,” kata Didimus.

Lebih lanjut dikatakan, dari Sektor Pendidikan ini, Pemerintah Yahukimo juga membuka diri bekerjasama dengan lembaga maupun LSM Pendidikan. Disamping itu Pemerintah telah membangun asrama mahasiswa-mahasiswa Yahukimo, yang dimulai dari Jakarta.

“Awal Tahun kemarin kita sudah meresmikan Asrama di Jakarta, itu merupakan satu-satunya asrama Mahasiswa Papua dengan sertivikat kepemilikan Pemerintah Daerah Yahukimo. Hal ini akan berlangsung untuk semua asrama di kota studi lainnya, yang sudah bersertivikat akan kita bangun,” kata Didimus.

Dalam Bidang Yahukimo Mandiri, Bupati Didimus menyampaikan apresiasi khususnya dalam sektor Pertanian Yahukimo mulai menunjukkan angka kemajuan. “Kita sedang membuka 200 hektar lahan sawah di Moroko, bidang pertanian ini akan kita perluas hingga 500 – 1000 hektar, sehingga kedepan akan menolong kita dan Yahukimo akan menjadi salah satu lumbung pangan di Papua,” kata Didimus.

Apabila hal tersebut dilakukans sesuai perencanaan, lanjut Didimus, maka semua hasilnya akan mencukupi kebutuhan PNS, kebutuhan pasar di 51 Kecamatan dan bahkan dapat dijual di daerah-daerah pegunungan tengah dan daerah lain yang membutuhkan.

“Yahukimo harus mulai bangkit dan mandiri di tanah kita sendiri, Kita harus kerja dan menanam untuk mendapatkan hasil kita sendiri. Oleh sebab itu saya mengajak semua yang memiliki kemampuan jangan hanya diam dan berharap, jika ada potensi laporkan kepada dinas pertanian untuk kita kembangkan,” katanya.

Bupati juga memaparkan rencana besar untuk Perusahaan Daerah (Perusda) yang kedepannya akan menjadi masa depan Yahukimo. “Perusda ini akan menjadi warisan besar untuk anak cucu kita kedepan, ini merupakan kebangkitan bagi masyarakat Yahukimo,” katanya sekaligus mempromosikan hasil Perusahaan Daerah (Perusda) berupa Kopi Yahukimo yang merupakan hasil murni dari beberapa distrik yang ada di Kabupaten Yahukimo

Perayaan satu tahun kepemimpinan Bupati Didimus dan Wakil Bupati Esau juga dirangkaian dengan sejumlah persembahan puji-pujian dari paduan suara bimbingan TP PKK, paduan suara dari Jemaat GIDI Eden Jayapura, GOW serta atraksi tari-tarian lainnya. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *