Di Wilayah Kurima Wabup Esau Serahkan Dana Desa Untuk 38 Kampung

  • Whatsapp

YAHUKIMO (KT) – Penyerahan Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun 2022 di Kabupaten Yahukimo dilakukan secara bertahap oleh pemerintah setempat. Seperti di Wilayah Kurima, Dana Desa diserahkan langsung Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram, Selasa (8/8/2022).

Wakil Bupati yang didampingi Kepala DPMK, Lasarus Pahabol dan Kepala Inspektur, Redison Manurung serta Kacap Bank Papua secara simbolis menyerahkan dana sebesar Rp12,9 Miliar untuk 38 Desa yang tersebar di Distrik Samenage, Distrik Werima, Distrik Hogio dan Distrik Pasema.

Read More

“DD tahap 1 yang kita serahkan hari ini untuk 38 kampung yang sudah memenuhi syarat administrasi, dengan harapan dana ini dapat digunakan untuk pembangunan kampung baik itu pelebaran lapangan terbang, balai desa, jembatan kali kecil- kecil bangun fasilitas rumah ibadah dan lainnya yang sifatnya pembangunan kecil,” kata Esau.

Dikesempatan itu, Esau mengatakan DD ini sengaja diberikan langsung dalam bentuk tunai, tujuannya agar dana dapat digunakan sesuai peruntukkan dan dilihat langsung oleh masyarakat. ” Karena jika kita gunakan sistem transfer melalui rekening bank, nanti implementasinya tidak sampai ke masyarakat. Jadi gunakan dana ini untuk membangun, dan ingat dana ini bukan milik pribadi tapi milik masyarakat untuk membangun kesejahteraan masyarakat di kampung-kampung,” tegas Esau.

Lebih lanjut, Esau mengatakan harapan pemerintah adalah Dana Desa dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di kampung-kampung seperti sarana dan prasarana umum, sebagaimana program Presiden Joko Widodo.

Dalam kegiatan penyerahan dana desa, Wakil Bupati Esau juga sekaligus melihat langsung infrastruktur seperti Kantor distrik Pasema , SD Inpres Pasema, Puskesmas dan pasar.

Di SD Inpres Pasema, Wakil Bupati menyempatkan diri bertatap muka dengan tenaga pengajar dan secara langsung meminta para guru untuk konsisten dalam menjalankan tugasnya. ” Tugas saudara-saudara adalah mengajar dan memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak disini, jika itu tidak berjalan maka sama saja tidak mendukung visi misi pemerintah. Sehingga saya berharap laksanakan tugas dengan baik,” kata Esau.

Esau bersama rombongan juga menyempatkan diri berdiskusi langsung dengan para tenaga Satgas Yahukimo Sehat, sekaligus mendengar langsung laporan perkembangan para tenaga medis tersebut dalam misi pelayanan kesehatan di tempat tugasnya.

“Untuk pelayanan kesehatan ini sudah berjalan, namun kendalanya masih dilakukan di puskesmas lama karena puskesmas yang baru belum di resmikan. Sementara ada satu kendala lain adalah pengiriman obat yang belum maksimal, sehingga ini harus menjadi perhatian kepada Kepala Dinas Kesehatan,” kata Esau lagi. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *