Berkat Dana Desa, Masyarakat Seima Bisa Nikmati Listrik

Berkat Dana Desa, Masyarakat Seima Bisa Nikmati Listrik

YAHUKIMO (KT) – Warga Kampung Seima, Distrik Mugi Kabupaten Yahukimo akhirnya bisa menikmati listrik 24 jam, setelah sekian tahun lamanya tanpa penerangan.

Fasilitas penerangan tersebut diperoleh setelah pihak desa memanfaatkan Dana Desa dengan membeli perlalatan untuk instalasi jaringan listrik PLN yang berada di wilayah Kabupaten tetangga.

” Jadi masyarakat disana membeli kabel serta peralatan pendukung untuk menarik jaringan listrik dari Wamena,” kata Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram.

Esau mengaku realiasi atas penggunaan dana desa di Kampung Seima ini disampaikan langsung kepadanya saat kunjungan di Distrik Mugi pada pertengahan Agustus silam.

Lebih lanjut Esau mengatakan bahwa pada dasarnya Dana Desa harus diperuntukkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. “Artinya masyarakat bisa membangun apa saja yang penting bermanfaat dan tepat sasaran,” kata Esau.

Berkaitan dengan itu pula, kata Esau, saat ini proses pencairan dana desa tahap pertama tahun 2022 telah berjalan. Dalam hal ini, pemerintah Yahukimo mengambil kebijakan, dimana dana tersebut diserahkan langsung dalam bentuk tunai kepada masing-masing kepala desa.

“Memang tahun ini ada kebijakan tersendiri yakni kita menyerahkan langsung kepada kepala desa. Alasannya, agar ada transparansi sehingga dana itu dapat segera digunakan dan dimanfaatkan untuk masyarakat kampung,” jelas Esau.

Kedepan Esau berharap, desa-desa yang telah menerima dana agar segera melaksanakan kegiatan sebagaimana program kerja yang diusulkan. ” Jika kegiatan itu dijalankan sesuai program kerja, maka pasti hasilnya akan baik dan akan bermanfaat untuk masyarakat,” kata Esau lagi. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *