Pemerintah Mulai Salurkan BLT BBM di Kabupaten Yahukimo

  • Whatsapp

YAHUKIMO (KT) – Pemerintah Pusat mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM kepada 23.136 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata di wilayah Kabupaten Yahukimo.

Adapun dalam BLT BBM tahap pertama senilai Rp300.000,- untuk dua bulan ditambah dengan Bantuan Sembako Tunai (BST) sebesar Rp600.000,- untuk tiga bulan.

” Jadi total yang diterima sebanyak Rp900.000,- per Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo, Esau Miram, saat memantau langsung penyaluran BLT BBM dan BST di Kantor Distrik Dekai, Jumat (23/9/2022).

Wakil Bupati mengatakan, KPM yang berhak menerima BLT BBM tersebut adalah keluarga yang telah terdata dalam database di Kementrian Sosial sesuai Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk.

“Nah jika ada yang belum mendapat bantuan ini maka segera melakukan perekaman KTP Elektronik agar namanya dapat terdata dan dilakukan upadate KPM. Selain itu KTP Elektronik juga akan sangat berguna untuk hak politik pada Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Lebih lanjut, Esau berharap penyaluran BLT BBM dan BST ini dapat berjalan dengan baik dan langsung kepada yang berhak menerimanya. ” Bantuan yang diberikan pemerintah ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi masyarat, dan kita semua juga harus bersyukur karena tahun ini pemerintah masih memberikan perhatian dengan dana tambahan bansos pengganti BBM ini,” kata Esau.

Sementara Kabid Dinas Sosial, Buniel Silak menambahkan BLT BBM diberikan dalam bentuk tunai, sebagai kompensasi atas keputusan pemerintah menaikkan harga BBM subsidi.

Lanjutnya, sebagaimana disampaikan Wakil Bupati jumlah penerima sebanyak 23.136 KPM. Dimana angka tersebut mengalami kenaikan dari jumlah sebelumnya yang hanya berada di angka 7 ribuan penerima.

Untuk diketahui, penyaluran BLT BBM dan BST di Kabupaten Yahukimo berlangsung serentak per 23 September 2022, penyaluran sendiri dilakukan oleh Kantor Pos setempat di Kantor Distrik Dekai dengan pengawasan dari aparat keamanan TNI/Polri. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *