Disdukcapil Yahukimo Mulai Rekam KTP Elektronik Pelajar SMA

  • Whatsapp

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Yahukimo melaksanakan Perekaman KTP Elektronik (KTP-El) bagi pelajar dari Empat Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK ) yang berlokasi di Dekai Kabupaten Yahukimo. Perekaman KTP-El ini menargetkan kurang lebih 500 pelajar yang telah berusia 17 tahun keatas atau pelajar kelas III.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Yahukimo, Daniel Silak mengatakan Kegiatan tersebut didahului dengan sosialisasi yang dilakukan bersama dengan KPU Provinsi Papua dan KPUD Yahukimo. Dimana perekaman bagi pelajar atau pemilih Pemula ini sebagai salah satu upaya pemerintah agar para pelajar dapat memiliki hak suara pada Pemilu 2024 mendatang serta memiliki kelengkapan administrasi diri untuk kesiapan melanjutkan studi di perguruan tinggi.

“Jadi ini merupakan kegiatan nasional artinya program dari kementrian. Kita berharap para pelajar SMA dan SMK dapat ikut serta untuk melakukan perekaman karena KTP El hari ini,” kata Daniel.

Adapun pelajar yang melakukan perekaman tersebut berasal dari SMAN Ninia, SMAN Anggruk, SMAN 1 Dekai dan SMKN 1 Dekai. “ Kita target perekamannya 2 hari sejak 25 hingga 26 November, kita berharap seluruh siswa dan siswi khususnya yang telah berusia 17 Tahun keatas tidak melewatkan kesempatan ini karena selain sebagai data diri, KTP Elektronik ini juga akan sangat berguna bagi adik-adik untuk kedepannya,” kata Daniel.

Sementara Anggota KPU Papua, Melkianus Kambu mengatakan KPU terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hak memilih pada Pemilu 2024, dimana yang berhak memilih adalah masyarakat yang berusia diatas usia 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik.

“Jadi ini sosialisasi secara nasional, KPU dalam hal ini juga melakukan sosialisasi kepada adik-adik pelajar yang sudah berusia diatas 17 tahun yang merupakan pemilih pemula juga wajib memiliki KTP Elektronik sehingga pada Pemilu nantinya adik-adik dapat memberikan hak suaranya,” kata Melkianus. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *