Gangguan Kamtibmas Turun Tahun 2022, Binmas Noken Dinilai Sukses

  • Whatsapp
Gangguan Kamtibmas Turun Tahun 2022, Binmas Noken Dinilai Sukses

JAYAPURA (KT) – Polda Papua berhasil menurunkan angka gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama semester 1 tahun 2022. Meski demikian, situasi Kamtibmas Lalu Lintas dan kasus kekerasan bersenjata dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengalami peningkatan.

Hal ini terungkap saat Refleksi Semester I Tahun 2022 Kepolisian Daerah Papua yang dilaksanakan di Mapolda Papua, Kamis (30/6/2022).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, terkait dengan gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua, kejahatan konvensional mengalami penurunan 6,52 persen. Dimana, dari sebelumnya pada semester 1 tahun 2021 terjadi 1.625 kasus menjadi 1.519 kasus pada semester 1 tahun 2022.

“Kasus kejahatan konvensional diantaranya kasus pencurian, pengeroyokan, pencurian dengan kekerasan, penganiayaan berat dan kasus pembunuhan,” terangnya.

Sedangkan kejahatan trans nasional, imbuh Kapolda, juga mengalami penurunan sebanyak 24 kasus atau 11,37 persen. Jika sebelumnya pada semester tahun lalu terjadi 211 kasus maka pada tahun ini menjadi 187 kasus. Namun, kasus kejahatan kekayaan negara mengalami peningkatan.

“Selanjutnya, situasi keamanan dan ketertiban lalu lintas terkait dengan kecelakaan mengalami peningkatan,” lanjut Jenderal Polisi bintang dua ini.

Menurutnya, kasus kecelakaan pada tahun 2021 semester pertama terjadi 582 kasus kecelakaan, namun pada tahun ini semester yang sama mengalami peningkatan menjadi 670 kasus.

Aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB), lanjutnya, juga mengalami peningkatan. Jika pada tahun lalu terjadi 33 kasus pada semester pertama, maka tahun ini menjadi 44 kasus. Dalam kasus ini terdapat korban dari TNI, Polri serta masyarakat sebanyak 25 orang meninggal dunia dan 19 orang luka-luka. Sementara korban dari pihak KKB sebanyak 3 orang.

Penurunan angka gangguan Kamtibmas ini, kata Kapolda, berkat kerja keras jajaran Polda Papua dan juga kerja keras satuan tugas pembinaan masyarakat (Binmas) Noken.

Ia menuturkan, program unggulan Polda Papua yang berbentuk Satgas Binmas Noken ini bertujuan untuk membantu kehidupan masyarakat Papua. Filosofi dan sejarah Binmas Noken ini yang perlu dipahami oleh seluruh personel Polda Papua.

Keseluruhan konsep operasional Binmas Noken ini, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi solusi yang sesuai dalam menentukan peranan Polri dalam berkontribusi pada percepatan pembangunan Papua. Konsepnya adalah Binmas Noken menjaga Kamtibmas dengan pendekatan persuasif dan humanis kepada masyarakat.

“Dengan cara win the hearts and mind the people of Papua,” kata Kapolda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *